This page looks best with JavaScript enabled

Cara Gampang Membuat Nasi Biryani/Briyani Anti Gagal

 ·  ☕ 3 menit waktu baca  ·  ✍️ Mike Stone

Nasi Biryani/Briyani
Nasi Biryani/Briyani

Sedang mencari inspirasi resep nasi biryani/briyani yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal nasi biryani/briyani yang enak seharusnya punya aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari nasi biryani/briyani, pertama dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau ingin menyiapkan nasi biryani/briyani enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi sajian istimewa.

Nasi Biryani/Briyani is a rice dish flavored with spices and rose water. The word "nasi" is rice in Malay. This aromatic rice is the base for all your meat biryanis.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis dalam mengolah nasi biryani/briyani yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Nasi Biryani/Briyani memakai 21 jenis bahan dan 8 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk pembuatan Nasi Biryani/Briyani:
  1. Ambil 500 hr beras brasmati
  2. Ambil 4 buah paha ayam
  3. Gunakan 1 buah jeruk nipis
  4. Sediakan 500 ml susu cair
  5. Gunakan 1 liter air, dibagi 2 masing2 500 ml
  6. Gunakan 1 buah bawang bombay, iris
  7. Gunakan 5 siung bawang putih, cincang halus
  8. Ambil 1 buah tomat, potong dadu
  9. Siapkan 3 cm jahe, memarkan
  10. Gunakan 2 sdm bubuk kari
  11. Sediakan 2 sdm cabai bubuk
  12. Siapkan 3 sdm yogurt plain
  13. Gunakan 4 buah cabai ijo besar
  14. Siapkan 1 sdm garam
  15. Siapkan 1/2 sdt kaldu jamur
  16. Sediakan 3 sdm minyak samin/butter
  17. Ambil Rempah-rempah:
  18. Gunakan 2 buah kayu manis
  19. Ambil 10 buah cengkeh
  20. Gunakan 10 buah kapulaga
  21. Sediakan 5 buah bunga lawang

Penggunaan kata nasi di depan kata Biryani hanya ditemui di Malaysia dan Indonesia. Meski terkenal dari Asia Selatan, tetapi sebenarnya kata Biryani diambil dari bahasa Persia. Dengan Bumbu Nasi Biryani dari Cairo Food, Masak Nasi Biryani Jadi Praktis! Di negara asalnya, hidangan ini disebut biryani, biriani, beriani, atau briyani.

Cara menyiapkan Nasi Biryani/Briyani:
  1. Cuci bersih beras brasmati, lalu rendam 20 menit
  2. Cuci bersih ayam lalu lumuri jeruk nipis. Diamkan 20 menit lalu cuci kembali. Sisihkan
  3. Lelehkan minyak samin/butter, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum
  4. Tambahkan potongan tomat, jahe, serai, cabai bubuk, bubuk kari, kunyit bubuk dan rempah2, masak hingga harum
  5. Tuang susu cair dan yogurt ke dalam 500 ml air. Aduk rata lalu masukkan paha ayam. Masak hingga air menyusut setengahnya
  6. Matikan api, masukkan beras brasmati garam dan kaldu ayam, lalu aduk rata. Pindahkan ke rice cooker beserta ayamnya, lalu tambahkan air 500ml dan cabai hijau yg sudah dipotong2. Tekan tombol cook
  7. Setelah tombol berubah ke sisi warm, langsung aduk nasi sampai bawah agar tidak gosong
  8. Untuk ayam bisa dimakan begitu saja atau dipanggang di oven

Nama "Biryani" berasal dari Bahasa Persia yang artinya goreng atau panggang. Nasi ini lebih dikenal di Indonesia dengan sebutan nasi briyani. Dikarenakan merupakan bumbu basah, rasa dan aroma bumbunya masih sangat terasa. Nasi briyani (Arab: برياني) jadi bagian kuliner asal Timur Tengah yang cukup banyak digemari. Rasanya yang gurih karena menggunakan berbagai macam rempah-rempah, serta kaldu daging yang tak kalah nikmat.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Nasi Biryani/Briyani yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang lezat untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide bagi Anda yang berkeinginan untuk berjualan makanan. Selamat mencoba!

Share on