This page looks best with JavaScript enabled

Resep Nasi Bakar, Sempurna

 ·  ☕ 3 menit waktu baca  ·  ✍️ Henrietta Snyder

Nasi Bakar
Nasi Bakar

Anda sedang mencari ide resep nasi bakar yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal nasi bakar yang enak seharusnya memiliki aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Nasi bakar (Indonesian for "burned or grilled rice") refer to steamed rice seasoned with spices and ingredients and wrapped in banana leaf secured with lidi semat (small needle made of central rib of coconut leaf) and later grilled upon charcoal fire. The burned banana leaf produced a unique aroma upon the rice. Indonesian Grilled Rice with Banana Leaves (Nasi Bakar) Rice is the main commodity for most of the eastern country.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari nasi bakar, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau mau menyiapkan nasi bakar enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi suguhan istimewa.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis untuk membuat nasi bakar yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Nasi Bakar memakai 13 jenis bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam menyiapkan Nasi Bakar:
  1. Ambil 1/2 liter beras
  2. Gunakan 1 bks santan instan (me: kara)
  3. Gunakan 4 siung bawang meras, iris
  4. Siapkan 2 lembar daun salam
  5. Siapkan 2 lembar daun jeruk
  6. Ambil 1 batang sereh
  7. Gunakan Seruas lengkuas
  8. Siapkan Secukupnya garam
  9. Ambil Secukupnya teri medan, goreng
  10. Sediakan Seikat kemangi
  11. Sediakan Daun pisang
  12. Sediakan Isian
  13. Siapkan Ayam suir pedas (lihat resep)

Cara membuat nasi bakar pun cukup mudah. Ada banyak resep nasi bakar lezat dan enak untuk segera kamu praktikkan. Nasi bakar merupakan salah satu makanan yang cukup eksotis dari Indonesia dan mendapat banyak sekali perhatian. Tidak diketahui kapan serta dimana secara pasti nasi bakar ini muncul, namun keberadaanya telah lama menjadi sorotan.

Cara menyiapkan Nasi Bakar:
  1. Tumis bawang merah sampai wangi. Masukkan teri medan, daun salam, daun jeruk, sereh dan lengkuas. Tumis hingga aroma rempah nya keluar.
  2. Nasi gurih : Cuci beras, masukkan bumbu tumis kedalam panci magiccom yg telah berisi beras, beri air seperti menanak nasi biasa(sedikit kurangi takaran karena ada tambahan santan), tambahkan santan, garam. Koreksi rasa. Masak.
  3. Letakkan nasi gurih diatas daun pisang, beri isian ayam suwir (difoto pakai sambal cumi 😅). Beri daun kemangi. Bungkus. Bakar hingga aroma nya keluar. Sajikan - (lihat resep)

Nasi bakar adalah masakan khas Indonesia yang bisa dijumpai dimana saja, terutama Pulau Jawa. Aroma harum dari nasi dibungkus daun pisang yang dibakar semakin nikmat saat dipadu ayam kemangi. Harum khas kemangi yang menyegarkan dipadukan dengan ayam membuat hidangan ini begitu menggiurkan. Nasi bakar adalah salah satu menu eksotis Indonesia yang tidak diketahui secara pasti waktu dan tempat pertama kali kemunculannya. Pada umumnya nasi bakar adalah nasi berbumbu santan (nasi uduk, nasi liwet) yang dibungkus dengan daun pisang layaknya nasi timbel, dengan bentuk sama maupun sedikit berbeda dengan nasi timbel.

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Nasi Bakar yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang menarik untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi dalam berbisnis kuliner. Selamat mencoba!

Share on