This page looks best with JavaScript enabled

Langkah Mudah untuk Membuat Vegetable Briyani Anti Gagal

 ·  ☕ 4 menit waktu baca  ·  ✍️ Clayton Bryant

Vegetable Briyani
Vegetable Briyani

Anda sedang mencari inspirasi resep vegetable briyani yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal vegetable briyani yang enak harusnya sih punya aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari vegetable briyani, pertama dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau ingin menyiapkan vegetable briyani yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi sajian spesial.

It's delicious served with mint chutney or simple, plain yogurt. This is a tasty and interesting vegetable biryani. The color looks appetizing and the taste is great!

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan vegetable briyani sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat membuat Vegetable Briyani menggunakan 32 jenis bahan dan 11 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan Vegetable Briyani:
  1. Sediakan 2 cup Beras pera (jika ada Basmati)
  2. Gunakan Secukupnya Air untuk merebus beras
  3. Ambil 4 genggam Bawang merah cincang kasar
  4. Siapkan 2 buah Wortel ukuran sedang
  5. Gunakan 1 buah Kentang ukuran besar
  6. Sediakan 1 buah Terong ukuran besar
  7. Sediakan 1 buah Timun hijau (jika ada Zucchini)
  8. Ambil 2 genggam Kembang kol yg sudah dipipil kasar
  9. Siapkan 150 gram Yoghurt plain
  10. Gunakan 1 genggam Bawang goreng
  11. Siapkan 3 sdm Minyak bekas goreng bawang (jika ada minyak samin)
  12. Siapkan 1 buah Tomat merah diblender
  13. Gunakan 1 genggam Daun ketumbar cincang
  14. Siapkan Secukupnya Daun mint (aku skip)
  15. Sediakan Bumbu halus :
  16. Ambil 7 siung Bawang putih
  17. Siapkan 1/2 jempol Jahe
  18. Ambil 2 sdm Ebi kering/rebon kering
  19. Ambil Rempah Utuh :
  20. Siapkan 2 butir Bunga lawang
  21. Gunakan 1 batang Kayumanis ukuran telunjuk
  22. Sediakan 2 lembar Daun salam (saya pakai kering sesuai stok)
  23. Gunakan 5 butir Kapulaga
  24. Ambil 3 buah Cabe utuh
  25. Gunakan 4 butir Cengkeh
  26. Ambil Rempah bubuk :
  27. Gunakan 1/2 sdt Garam masala
  28. Siapkan 1 sdt Jintan bubuk
  29. Sediakan 1/2 sdt Kunyit bubuk
  30. Sediakan 1 sdm Ketumbar bubuk
  31. Gunakan 1 sdt Garam atau sesuai selera
  32. Gunakan 1 sdt Kaldu bubuk/penyedap (atau sesuai selera)

Serve with chilled yogurt and spicy curry on the side. To begin making the Chettinad Vegetable Biryani Recipe, get all the ingredients ready and keep them aside. The first step is to roast all the spices. In to a pan, add the cloves, cardamom, pepper, fennel seeds, cinnamon, star anise and stone flower.

Langkah-langkah membuat Vegetable Briyani:
  1. Siapkan beras dan rendam selama 30 menit. Siapkan tomat yang diblender.
  2. Goreng bawang hingga kuning kecoklatan dan tiriskan. Lebihkan minyaknya untuk digunakan kembali menumis bahan lainnya.
  3. Potong potong agak tebal semua sayuran yang sudah disiapkan. Tempatkan pada wadah. Habis dipotong-potong bisa digoreng sampai setengah matang agar rasa sayuran menjadi lebih gurih (Thanx tip nya mba @Noof's). Siapkan daun ketumbar yang sudah dicincang.
  4. Haluskan bumbu dan siapkan bawang yang sudah di iris atau cacah
  5. Tumis bumbu halus beserta bawang merah hingga harum
  6. Masukkan bahan rempah utuh dan rempah bubuk.
  7. Aduk hingga rata dengan menggunakan api kecil agar tidak cepat gosong hingga harum. Masukkan jus tomat. Aduk hingga rata kembali.
  8. Masukkan semua sayuran. Aduk dan beri segelas air dan yoghurt. Aduk dan cicipi rasa kemudian tambahkan daun ketumbar.
  9. Rebus air hingga mendidih. Masukkan berasnya. Masak hingga setengah matang. Angkat nasinya dan buang airnya.
  10. Ambil wadah kemudian taruh 2 sdm minyak bawang pada panci ratakan, lalu masukkan setengah bagian dari nasi yg sudah dimasak setengah matang tadi, lalu masukkan hasil masakan campuran sayuran tadi kemudian ratakan, taburi dengan bawang goreng, lalu taruh lagi sisa nasi tadi dan taburi bawang goreng. Tutup rapat pancinya dilapisi serbet bersih, lalu nyalakan api kompor, masak dgn Api besar cukup 20 detik saja, lalu putar ke Api kecil, masak hingga nasi tanak.
  11. Sajikan hidangan sehat nan menarik tampilannya ini.

Roast for about a minute until you get a roasted aroma. A Classic Indian vegetable biryani is a perfect dish for any occasion. Long grain basmati rice and assorted vegetables in a spicy masala are cooked in alternate layers under dum to give you a final dish that is a treat to your all of your senses. Instead of solely depends on a one main ingredients for flavor as of chicken or mutton biryani, vegetable biryani is made up with a list of vegetables. Carrot, cauliflower, French bean, green pea and tomato in this recipe.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Vegetable Briyani yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang sedap untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide bagi Anda yang berkeinginan untuk berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Share on