This page looks best with JavaScript enabled

Langkah Mudah untuk Membuat #196 Nasi Briyani/Biryani Ayam, Lezat Sekali

 ·  ☕ 3 menit waktu baca  ·  ✍️ Katherine Parker

#196 Nasi Briyani/Biryani Ayam
#196 Nasi Briyani/Biryani Ayam

Sedang mencari inspirasi resep #196 nasi briyani/biryani ayam yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal #196 nasi briyani/biryani ayam yang enak seharusnya punya aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari #196 nasi briyani/biryani ayam, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan #196 nasi briyani/biryani ayam enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi sajian istimewa.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat #196 nasi briyani/biryani ayam yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan #196 Nasi Briyani/Biryani Ayam memakai 27 bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk pembuatan #196 Nasi Briyani/Biryani Ayam:
  1. Siapkan 1.5 cup nasi basmati
  2. Ambil 1/2 buah bawang bombai, potong kecil
  3. Gunakan 3 siung bawang putih, potong kecil
  4. Siapkan 1/2 sdt royco ayam
  5. Ambil Secukupnya garam
  6. Ambil 2 sdm bon cabe lvl 30(optional, boleh diganti cabe rawit/cabe keriting dihaluskan)
  7. Gunakan 5 butir cengkeh
  8. Siapkan 1 batang sereh, geprek
  9. Sediakan 3 biji cabe hijau besar, iris
  10. Ambil 2 buah tomat, potong sesuai selera
  11. Ambil 2 lembar daun salam
  12. Gunakan 1 biji bunga lawang
  13. Gunakan Secukupnya kunyit bubuk
  14. Sediakan Secukupnya minyak samin untuk menumis
  15. Ambil Kismis
  16. Gunakan Daun Mint
  17. Ambil Tomat cherry
  18. Gunakan Bumbu Cemplung :
  19. Ambil 1/2 sdm kayu manis bubuk
  20. Gunakan 1/4 sdt bawang putih bubuk
  21. Ambil 1/4 sdm jinten bubuk
  22. Ambil Bumbu Halus :
  23. Gunakan 3 siung bawang putih
  24. Siapkan 1 buah pala
  25. Ambil 2 buah kapulaga
  26. Gunakan 1 sdt ketumbar butir
  27. Siapkan 1 sdt merica butir
Cara menyiapkan #196 Nasi Briyani/Biryani Ayam:
  1. Rebus ayam beserta jahe geprek hingga dirasa tidak ada lagi darah dalam tulang ayam. Sisihkan, air jangan dibuang. - - Tumis bawang putih dan bawang bombai dengan minyak samin sampai harum ke dalam wajan. Lalu masukkan cengkeh, sereh, cabe hijau, tomat, daun salam, bunga lawang, serta bumbu halus. Aduk rata lalu tuang air kaldu bekas merebus ayam tadi secukupnya.
  2. Masukkan bumbu cemplung beserta garam dan royco. Masukkan daging ayam yang telah direbus pada step 1 hingga bumbu meresap ke dalam daging. Kalau sudah, goreng ayam, sisihkan.
  3. Proses selanjutnya saya berganti ke panci khusus ngaron/masak nasi tahap 1. Masukkan beras dan kuah bumbu ke dalam panci. Kalau dirasa air terlalu banyak, maka buang terlebih dahulu. Banyaknya air sama halnya ketika kita masak menggunakan rice cooker. Pastikan rasa sudah cukup asin ya, kalau kurang tambahkan garam. Jangan lupa masukkan kismis, boncabe, kunyit bubuk, dan daun mint di step ini. Aduk hingga air asat.
  4. Pindahkan ke panci kukusan yang telah diisi dengan air dan telah mendidih. Masak +-25 menit. Setelah matang tata dalam piring beserta ayam yang telah digoreng tadi. Tambahkan tomat cherry serta bawang bombay sebagai garnish.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan #196 Nasi Briyani/Biryani Ayam yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang menarik untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi untuk berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Share on