This page looks best with JavaScript enabled

Bagaimana Membuat Nasi Briyani Simple (HAMPERS Lebaran) Anti Gagal

 ·  ☕ 6 menit waktu baca  ·  ✍️ Troy Roy

Nasi Briyani Simple (HAMPERS Lebaran)
Nasi Briyani Simple (HAMPERS Lebaran)

Sedang mencari inspirasi resep nasi briyani simple (hampers lebaran) yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal nasi briyani simple (hampers lebaran) yang enak seharusnya memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari nasi briyani simple (hampers lebaran), mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika hendak menyiapkan nasi briyani simple (hampers lebaran) enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan spesial.

Resep Nasi Briyani Simple (HAMPERS Lebaran). Lihat juga resep Nasi Briyani Simple (HAMPERS Lebaran) enak lainnya. Menu Lebaran - Lebaran atau hari raya Idul Fitri merupakan moment yang paling di tunggu-tunggu oleh umat muslim di seluruh dunia.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah nasi briyani simple (hampers lebaran) yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Nasi Briyani Simple (HAMPERS Lebaran) memakai 30 jenis bahan dan 22 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk menyiapkan Nasi Briyani Simple (HAMPERS Lebaran):
  1. Sediakan 500 gr daging sapi/ayam/kambing juga boleh,potong dg ukuran sdg
  2. Ambil Cuci bersih
  3. Ambil 400 gr beras Basmati, rendam slm 30 mnt, cuci bersih tiriskan
  4. Siapkan 1 bawang bombay, potong dadu kecil²
  5. Ambil 4 cm jahe
  6. Gunakan Secukupnya garam
  7. Ambil Secukupnya minyak samin, bisa ganti dg mentega
  8. Gunakan Bumbu yang dihaluskan
  9. Siapkan 10 siung bawang putih
  10. Gunakan 1 ruas kunyit
  11. Sediakan 1/4 biji pala
  12. Siapkan 1 sdt ketumbar
  13. Ambil 1/2 sdt jinten
  14. Ambil Bumbu langsung cemplung
  15. Gunakan 1/2 sdt bubuk merica
  16. Ambil 1 sdt kayu manis bubuk (me, 1 batang kayu manis)
  17. Siapkan 3 butir bunga lawang
  18. Siapkan 4 butir cengkeh
  19. Sediakan 5 buah cabe hijau besar,belah (me, cabe hijau kriting adanya)
  20. Ambil 6 buah kapulaga
  21. Siapkan 2 tangkai daun mint (skip)
  22. Siapkan 1 tomat merah belah 2
  23. Siapkan 2 cube kaldu blok (2- 3 sdt kaldu bubuk
  24. Siapkan 1 ruas lengkuas geprek
  25. Ambil Pelengkap Nasi
  26. Ambil Sejumput saffron
  27. Sediakan Secukupnya kismis (skip)
  28. Sediakan Acar (wortel, mentimun, bawang merah, jeniper, garam,cabe,)
  29. Gunakan Daun parsley rajang (skip)
  30. Sediakan Kacang mede/kacang goreng (kacang almond)

Nak guna periuk biasa boleh dan jika mahu lebih cepat masak bolehlah guna periuk. Selain kue kering, ada pula paket hamper nasi kuning. Ada pula hamper nasi liwet yang berisikan nasi gurih, ayam goreng, perkedel, telur balado, mi goreng, orek tempe, dan. Menjelang Lebaran, tentunya Anda ingin berbagi kebahagiaan dan rasa syukur dengan mengirimkan parcel kepada orang-orang yang Anda kasihi.

Langkah-langkah menyiapkan Nasi Briyani Simple (HAMPERS Lebaran):
  1. Siapkan bahan2
  2. Masak air sekitar 2 liter. Biarkan mendidih. Setelah itu masukan irisan dagingnya. Selanjutnya masukan jahe yang sudah digeprek. Tambahkan sejumput garam. Rebus dengan api kecil hingga daging empuk. Usahakan airnya dijaga jangan sampai terlalu asat ya. Jika air sudah asat dan daging masih kurang empuk, bisa ditambahkan lagi airnya sampai benar-benar empuk. Tapi kalau sudah empuk, pastikan air rebusannya masih tersisa kurleb 1 liter. Jangan lupa test rasa garamnya sudah pas atau belum.
  3. Jangan lupa juga, ulek semua bumbu yang dihaluskan sampai lembut. Sisihkan. (Saya blender)
  4. Selanjutnya, di wajan terpisah, panaskan secukupnya minyak samin untuk menumis (kira-kira 3-4 sdm. Tumis bawang bombay dan lengkuas geprek sampai harum.
  5. Masukkan bumbu yang sudah dihaluskan, tumis lagi sampai harum. Lalu masukan semua bumbu yang dicemplung. Aduk sampai tercampur rata. Matikan api.
  6. Setelah itu masukkan bumbu tumisan tadi kedalam rebusan daging tadi. Aduk-aduk kembali sampai rata. Masak lagi dengan api kecil selama kurang lebih 1 jam agar bumbu meresap. Ingat jika airnya mulai menyusut kurang dari 1 liter, maka tambahkan lagi airnya. Jika dirasa sudah meresap dan daging sudah berasa bumbunya, segera matikan api.
  7. Selanjutnya, dengan menggunakan saringan besar, saring rebusan daging tadi. Ambil semua daging, sisihkan. Untuk residu bumbu yang tersisa silahkan dibuang saja ya. Sementara kaldunya dipakai untuk memasak berasnya.
  8. Cara memasak beras: tuang 3 gelas air kaldu tadi ke dalam panci (sekitar 750 ml). Rebus sampai mendidih. Jika dirasa kurang asin. Tambahkan lagi sedikit garam. Karena untuk memasak berasnya, garam harus ditambahkan lagi agar nantinya berasa (sama halnya seperti nasi uduk). Lalu masukkan beras.
  9. Pastikan posisi beras 1 ruas jari lebih rendah dari jumlah air ya (diukur pake ruas jari tangan). Jadi kalau airnya kurang bisa ditambahkan lagi dengan air panas (atau air kaldunya jika masih ada). Dan jika terlalu banyak silahkan dikurangi lagi. Tutup panci. Masak dengan api kecil. Kalau air sudah asat segera buka tutup panci.
  10. Lalu tutup kembali panci rapat-rapat dengan menggunakan alumunium foil. Pastikan jangan sampai ada lubang. Setelah itu baru ditimpa lagi dengan tutup pancinya. Masak lagi dengan api kecil.
  11. Kalau terlihat tutup pancinya sudah sedikit berasap, bisa dipastikan nasinya sudah hampir masak. Nah, kalau sudah hampir masak, kita buka dulu alumunium foilnya sebentar, lalu tepat ditengah-tengah nasi di bagian atas kita gali dengan centong, cukup satu centong saja, nasinya kita ambil. Lalu masukkan kismis dan sejumput Saffron tepat ditengah tadi. Kismis lagi tak punya, jd saffron saja.
  12. Tutup lagi lubang dengan nasi tadi. Ratakan.
  13. Tutup lagi dengan alumunium foil sampai rapat. Timpa dengan tutup pancinya. Masak lagi sampai nasi benar-benar matang dan pulen. kalau sudah pulen, kita buka, maka nasi yang di tengah itu akan berwarna merah. Kita aduk-aduk menggunakan sendok ya biar rata, tapi tetap ditengah bagian atas aja. Gak perlu diaduk sampai ke bawah. Setelah itu tutup lagi agar tetap hangat. Dan nas sudah siap disajikan.
  14. Note: alumunium foil di sini fungsinya agar tekstur nasi cepat matang dan pulen. Juga tidak membuat tekstur nasi terlalu matang (patah-patah). Selain itu kita tidak perlu repot-repot mengukus nasinya. Kalau nasi sudah matang, waktunya menyajikan nasi Biryani.
  15. Cara menyajikannya. Tempatkan nasi yang sudah matang di nampan besar.
  16. NOTE: untuk nasi yang berwarna kuning kemerahan karena terkena saffron kita tempatkan dulu di piring. Begitu juga kismisnya kita sisihkan dulu. Safronya punyaku sedikit ternyaata jadi tak terlalu berwarna.. Ini jika menggunakan kismis ya..
  17. Lalu taruh semua daging tepat ditengah nampan. Selanjutnya nasi berwarna kuning kemerahan tadi kita taburkan di sekeliling daging sampai habis. Begitu juga kismisnya.
  18. Taburi dengan irisan daun parsley(skip) dan kacang mede atau kacang Arab kalau ada(saya kacang almond adanya). Jangan lupa juga sajikan dengan acar.
  19. Untuk cara membuat acarnya: wortel iris dadu, timun iris dadu, bawang merah iris dadu, cabe iris kecil, sejumput gula halus, sedikit garam, lalu 1 sdm perasan lemon. Aduk rata.
  20. Oh ya kalo diresep aslinya ayam dipanggang ya, kalo aq digoreng, pernah coba dipanggang anak2 kurang suka..
  21. Ini tambahan dr mbak Wardat empu resepnya👇👇 - NOTE: Jika menggunakan daging ayam, sebaiknya ayamnya cukup dibelah dua. Karena saat disajikan, akan lebih nikmat jika ayamnya dipanggang dulu sebelum disajikan dengan nasinya. Sebelum dipanggang, lumuri ayam dengan saus tomat. Cara membuat sausnya: 2 sdm pasta tomat dicampur dengan 3 siung bawang putih parut, lalu 1 sdm air perasan lemon, 2 sdm minyak zaitun, aduk rata, jika suka pedas bisa ditambahkan bubuk cabe.
  22. Balurkan ke permukaan ayam sampai rata. Panggang sampai merah kecokletan. Dijamin nampol, nikmat.

Mengirim parcel atau hampers juga bisa mempererat tali silaturahmi. Tentunya Anda tidak ingin mengirimkan parcel yang kurang tepat kepada kolega, keluarga, dan sahabat, bukan? Tidak perlu khawatir karena kami akan memberikan panduan dalam memilih parcel. Nasi Mak Joen terkenal dengan aneka lauk matang buatan mereka. Mulai dari ayam goreng kalasan, tumis cumi cabe rawit, sampai rendang daging sapi.

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Nasi Briyani Simple (HAMPERS Lebaran) yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang sedap untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi dalam berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Share on