This page looks best with JavaScript enabled

Bagaimana Membuat Nasi Bakar Ikan Tongkol, Menggugah Selera

 ·  ☕ 3 menit waktu baca  ·  ✍️ Amanda Peterson

Nasi Bakar Ikan Tongkol
Nasi Bakar Ikan Tongkol

Lagi mencari inspirasi resep nasi bakar ikan tongkol yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal nasi bakar ikan tongkol yang enak selayaknya mempunyai aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Kulit ikan tongkol agak keras, jadi kita ambil dagingnya saja. Suwir-suwir daging ikan tongkol jangan terlalu halus agar makin mantap rasanya. Cara Membuat Nasi Bakar Tongkol Sedap Nikmat -Bila anda telah bosan dengan menikmati sajian ikan tongkol sebagai lauk pauk hidangan nasi, maka sudah waktunya anda mencoba dan nikmati sajian baru seperti resep nasi bakar tongkol yang akan kami ulas dikesempatan kali ini. masakan nasi bakar ikan tongkol adalah satu sajian sedap dibuat dengan perpaduan nasi, saus areh, bumbu tumis kemudian.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari nasi bakar ikan tongkol, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau mau menyiapkan nasi bakar ikan tongkol yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi suguhan istimewa.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah nasi bakar ikan tongkol yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Nasi Bakar Ikan Tongkol menggunakan 27 jenis bahan dan 8 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam menyiapkan Nasi Bakar Ikan Tongkol:
  1. Gunakan 1 mangkok besar nasi putih (6 porsi)
  2. Siapkan 3 siung bawang merah
  3. Ambil 2 siung bawang putih
  4. Ambil 2 bh sereh
  5. Ambil 2 lbr daun salam
  6. Gunakan 3 lbr daun jeruk
  7. Siapkan 2 buah cabe merah besar
  8. Ambil 1 sdt garam
  9. Sediakan 1 sdt kaldu jamur
  10. Sediakan Segenggam teri nasi (kering)
  11. Sediakan Minyak goreng
  12. Gunakan Kemangi
  13. Sediakan Isian :
  14. Sediakan 4 ekor ikan tongkol (alu pake ikan tongkol matang kecil)
  15. Ambil 5 siung bawang merah
  16. Sediakan 3 siung bawang putih
  17. Gunakan 2 bh sere
  18. Sediakan 4 bh cabe merah besar
  19. Siapkan 15 bh cabe kecil
  20. Sediakan 1 ruas kunyit, bakar
  21. Siapkan 1 ruas jahe
  22. Ambil 5 lbr daun jeruk
  23. Ambil 1 sdt garam
  24. Ambil 1/2 sdt gula pasir
  25. Siapkan 1 sdt kaldu jamur bubuk
  26. Gunakan 1/2 sdt lada bubuk
  27. Ambil Daun bawang, iris2

Perpaduan gurihnya nasi bakar dan segarnya isian ikan tongkol yang dicampur berbagai rempah menciptakan rasa yang sangat nikmat. Nasi Bakar Tongkol bisa disajikan untuk acara keluarga, arisan hingga makan siang di rumah. Nasi bakar isi ikan tongkol dengan tambahan cabe yang disesuaikan dengan selera anda dan keluarga. Bagi anda yang ingin membuatnya, tingkat kesulitan membuat nasi bakar isi ikan tongkol tingkat kesulitan sedang.

Cara membuat Nasi Bakar Ikan Tongkol:
  1. Iris tipis bawang merah dan bawang putih utk bumbu nasi, geprek sereh.
  2. Panaskan minyak,goreng teri sampe wangi, masukkan semua bumbu utk nasi hingga harum. Masullan nasi. Adul rata. Masukkan garam & kaldu jamur. Koreksi rasa.
  3. Suwir2 ikan tongkol, buang tulang2nya.
  4. Siapkan bumbu utk isian. Iris tipis bawang, kunyit dan cabe. Geprek sereh & jahe.
  5. Panaskan minyak. Masukkan semua bumbu isian, tumis sampe harum. Masukkan ikan tongkol. Tambahkan garam, gula, kaldu & lada. Aduk rata. Masukkan bawang daun. Koreksi rasa.
  6. Siapkan daun pisang. Bungkus nasi dan isian, tambahkan kemangi.
  7. Bakar nasi yg sdh dibungkus hingga harum.
  8. Hidangkan 🤤

Setelah anda mencobanya, jangan lupa untuk berbagi dengan teman dan keluarga melalui media sosial anda. Seperti ikan teri, tongkol, peda, dan lain sebagainya. Ikan ini tentu akan membuat nasi bakar makin nikmat saat disantap, apalagi dalam keadaan nasi masih hangat. Lihat juga resep Nasi Bakar Tongkol Kemangi enak lainnya. Nasi Bakar adalah makanan yang cukup sederhana, tetapi selalu menarik untuk dicicipi.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara membuat nasi bakar ikan tongkol yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Share on