This page looks best with JavaScript enabled

Resep Nasi bakar cumi pedes, Enak Banget

 ·  ☕ 4 menit waktu baca  ·  ✍️ Winnie James

Nasi bakar cumi pedes
Nasi bakar cumi pedes

Lagi mencari ide resep nasi bakar cumi pedes yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal nasi bakar cumi pedes yang enak harusnya sih punya aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari nasi bakar cumi pedes, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika mau menyiapkan nasi bakar cumi pedes enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan istimewa.

Bakar nasi hingga daun pembungkus berubah warna coklat (gunakan api kecil). Selain enak digoreng, nasi bakar pun tak kalah menggoyang lidah. Kalau sudah terlalu sering mencoba yang berisi daging ayam, cobalah yang isian cumi pedas.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat nasi bakar cumi pedes sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Nasi bakar cumi pedes memakai 28 jenis bahan dan 9 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam menyiapkan Nasi bakar cumi pedes:
  1. Sediakan 1 kg beras putih
  2. Siapkan 750 gr cumi segar
  3. Sediakan 1-2 ikat daun kemangi
  4. Sediakan 3 buah tomat ukuran sedang
  5. Siapkan Secukupnya daun pisang untuk membungkus
  6. Ambil Secukupnya air
  7. Siapkan Secukupnya minyak goreng
  8. Gunakan 1 buah jeruk nipis
  9. Gunakan Bumbu nasi gurih
  10. Ambil 3 butir bawang merah
  11. Ambil 2 siung bawang putih
  12. Ambil 1 btg sereh, geprek, simpul
  13. Ambil 3 lbr daun salam
  14. Gunakan 1 buah cream santan instan kemasan
  15. Siapkan Sejumput garam halus
  16. Ambil Bumbu cumi pedas
  17. Ambil 5 butir bawang merah
  18. Ambil 3 siung bawang putih
  19. Sediakan 3 buah cabe rawit (sesuai selera)
  20. Gunakan 4 buah cabe merah (sesuai selera)
  21. Ambil 2 lbr daun salam
  22. Sediakan 1 ruas lengkuas
  23. Gunakan 1 batang sereh
  24. Gunakan 1 ruas jahe
  25. Sediakan 1 sdt garam
  26. Sediakan 1 sdt gula pasir
  27. Sediakan 1 sdm saus tiram
  28. Sediakan 1 sdt penyedap rasa ayam

Nasi Bakar Baby Cumi Pedas Cara Memasak. Cuci bersih baby cumi. lalu rebus sebentar sampai masak. Iris tipis duo bawang dan lombok merah dan hijau. Lalu tumis, masukkan cabe rawit utuh, daun jeruk, daun salam dan serai geprek.

Langkah-langkah menyiapkan Nasi bakar cumi pedes:
  1. Pertama tama masak dulu nasi gurihnya menggunakan rice cooker. Cuci bersih beras, masukkan ke dalam rice cooker tambahkan air secukupnya. Tambahkan bawang merah & putih yg sudah diiris2. Masukkan juga daun salam, lengkuas, sereh, santan, dan sejumput garam. Tutup rice cooker dan masak nasi hingga matang. Sisihkan
  2. Cuci bersih cumi segar, bersihkan tintanya. Potong2 kemudian cucuri perasan jeruk nipis, diamkan sekitar 15 menit utk menghilangkan amis. Kemudian cuci bersih.
  3. Iris2 tipis duo bawang, lengkuas, sereh, cabe rawit, cabe merah.
  4. Cuci bersih tomat. Petik daun kemangi, cuci. Sisihkan.
  5. Panaskan api sedang. Masukkan bumbu iris, osreng2 hingga harum. Kemudian masukkan jahe geprek dan daun salam. Lalu masukkan cumi. Osreng2 bolak balik dan tambahkan garam, penyedap, gula pasir, saus tiram.
  6. Tambahkan secukupnya air. Lalu masukkan potongan tomat. Masak hingga cumi matang. Cek rasa.
  7. Masukkan daun kemangi. Bolak balik agar merata dengan bumbu. Masak hingga air susut dan set.
  8. Siapkan daun pisang yg sdh dijemur sebentar. Bersihkan dan potong2 sesuai ukuran membungkus. Ambil 1,5 centong nasi gurih letakkan diatas daun pisang. Tambahkan 2-3 sdm sambal cumi diatasnya, tambahi sedikit daun kemangi lalu tutup bungkus daun, sematkan dgn lidi. Lakukan hingga habis.
  9. Panaskan pemanggang teflon di api kecil/sedang. Tata bungkusan nasi diatas teflon. Panggang selam 5 - 10 menit sambil dibolak balik. Lakukan hingga habis. Sajikan

Kamu bisa membuat nasi bakar cumi asin yang gurih dan pedas. Saat dibakar, aroma harumnya semerbak dan bikin lapar. Cara membuatnya cukup simpel, bahan-bahannya pun mudah ditemukan di pasar. Buat pencinta pedas, kamu bisa menambahkan cabai rawitnya. Yuk, simak resep nasi bakar cumi asin berikut ini!

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan nasi bakar cumi pedes yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Share on