This page looks best with JavaScript enabled

Resep Nasi Bakar Ayam Begana, Bisa Manjain Lidah

 ·  ☕ 3 menit waktu baca  ·  ✍️ Norman Duncan

Nasi Bakar Ayam Begana
Nasi Bakar Ayam Begana

Sedang mencari ide resep nasi bakar ayam begana yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal nasi bakar ayam begana yang enak harusnya sih punya aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari nasi bakar ayam begana, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika hendak menyiapkan nasi bakar ayam begana yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi sajian istimewa.

Salah satu trik supaya nasi nya naik kelas, karena anak bujang excited banget kalau nasi dibungkus daun pisang kayak gini 😄 Padahal dasarnya ini nasi goreng aja, dengan bahan yang tersedia, tapi karena dirumah ga sarapan berat, nasgornya dibungkus daun pisang dan. Nasi bakar adalah masakan khas Indonesia yang bisa dijumpai dimana saja, terutama Pulau Jawa. Aroma harum dari nasi dibungkus daun pisang yang dibakar semakin nikmat saat dipadu ayam kemangi.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan nasi bakar ayam begana sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa menyiapkan Nasi Bakar Ayam Begana menggunakan 9 bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam pembuatan Nasi Bakar Ayam Begana:
  1. Siapkan 2 siung bawang putih, cincang halus
  2. Ambil 1 sdm margarin
  3. Gunakan 500 gr nasi
  4. Ambil 2 potong ayam begana, suwir suwir (lihat resep)
  5. Siapkan 50 gr (segenggam) mixed vegetables
  6. Siapkan 1 sdt lada bubuk
  7. Sediakan 1 sdt kaldu bubuk
  8. Siapkan 1/3 sdt garam
  9. Siapkan Daun pisang

Nasi Bogana merupakan olahan nasi yang berasal dari daerah Tegal, Jawa Tengah. Nasi Bogana merupakan nasi yang dibungkus menggunakan daun pisang dan disajikan dengan berbagai lauk seperi, opor ayam suwir, telur pindang, tumis kacang panjang dan serundeng. Resep Nasi Bogana ini memiliki cita rasa sedikit manis dan gurih yang dihasilkan dari santan untuk makanan pendampingnya. Air santan secukupnya untuk memasak beras.

Langkah-langkah membuat Nasi Bakar Ayam Begana:
  1. Panaskan margarin, tumis bawang putih hingga harum. Masukkan mixed vegetables
  2. Masukkan nasi, dan suwiran ayam begana, tambahkan garam, kaldu dan lada bubuk. Koreksi rasa sesuai selera
  3. Panaskan daun pisang, kemudian lap hingga bersih. Letakkan nasi diatasnya, tutup dengan daun pisang dan semat kedua ujungnya dengan tusuk gigi
  4. Panggang diatas wajan dan beri olesan minyak goreng
  5. Sajikan hangat

Daun pisang dan tusuk lidi secukupnya. Nasi bakar memiliki isi topping yang berbeda-beda sesuai selera yang diinginkan. Ada yang menggunakan isi ayam, ikan, atau pun cumi. Terdapat beberapa bahan yang perlu dipersiapkan terlebih dahulu sebelum memasak. Yang pertama, bahan untuk nasi yaitu.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan nasi bakar ayam begana yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

Share on