This page looks best with JavaScript enabled

Cara Gampang Membuat NASI BAKAR cumi asin, Enak Banget

 ·  ☕ 3 menit waktu baca  ·  ✍️ Elsie Robertson

NASI BAKAR cumi asin
NASI BAKAR cumi asin

Lagi mencari ide resep nasi bakar cumi asin yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal nasi bakar cumi asin yang enak seharusnya memiliki aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari nasi bakar cumi asin, pertama dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika hendak menyiapkan nasi bakar cumi asin yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi suguhan istimewa.

Nasi bakar menjadi salah satu kuliner yang khas karena bentuk dan proses memasaknya yang unik. Nasi yang sudah dimasak bersama santan seperti nasi uduk itu dibungkus daun pisang dengan isian aneka lauk dan tambahan daun jeruk atau kemangi, lalu dibakar. Proses pembakaran ini tentu bertujuan supaya memberikan cita rasa yang semakin menggugah selera dan juga supaya bumbu lebih meresap lagi ke.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah nasi bakar cumi asin yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan NASI BAKAR cumi asin menggunakan 25 bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam pembuatan NASI BAKAR cumi asin:
  1. Siapkan bahan nasi
  2. Siapkan 500 gr beras
  3. Ambil 500 ml air
  4. Sediakan 1 sachet santan kemasan
  5. Sediakan bumbu halus
  6. Ambil 5 bawang merah
  7. Ambil 3 bawang putih
  8. Gunakan 1 btg sereh
  9. Gunakan 1/2 sachet terasi bakar
  10. Gunakan minyak
  11. Gunakan secukupnya gula garam kaldu bubuk
  12. Ambil 1 ikat daun kemangi
  13. Ambil bahan topping cumi
  14. Sediakan 300 gr cumi asin
  15. Siapkan 2 buah air jeruk limo
  16. Siapkan 1 sdm air asam jawa
  17. Gunakan 1/2 gula merah
  18. Ambil 5 daun jeruk
  19. Sediakan 1 btg serai geprek
  20. Siapkan 3 cm lengkuas
  21. Ambil 3 cm jahe
  22. Ambil 3 buah cabe rawit
  23. Sediakan 5-8 bawang merah
  24. Gunakan 3 bawang putih
  25. Ambil 1/2 scahet terasi bakar

Lihat juga resep Nasi bakar cumi asin sambal nanas enak lainnya. Kamu bisa membuat nasi bakar cumi asin yang gurih dan pedas. Saat dibakar, aroma harumnya semerbak dan bikin lapar. Cara membuatnya cukup simpel, bahan-bahannya pun mudah ditemukan di pasar.

Cara membuat NASI BAKAR cumi asin:
  1. Cuci bersih beras, tumis bumbu halus sampai harum dan wangi, masukkan air dan santan aduk, lalu masukkan beras, aron hingga air terserap smua ke beras
    NASI BAKAR cumi asin1. Setelah itu siapkan dandan kukus nasi hingga tanak sisihkan
  2. Tumis cumi asin : iris semua bahan, siapkan minyak untuk menumi,
  3. Tumis bahan iris hingga harum, tambah kan air asam jawa dan air lalu masukkan cumi, masak hingga air sisa sedikit, angkat sisihkan
  4. Cuci bersih daun, jika daun terasa kaku bisa di bakar diatas api sebentar hingga lemas, dan siap dipakai untuk membungkus nasi, tata nasi kemudian daun kemangi laku beri tumisan cumi asin diatasnya. lakukan hingga nasi habis
  5. Bakar nasi diatas api langsung atau diatas teflon hingga daun seperti terbakar dan kluar aroma bakaran daun pisangnya, angkat dan sajikan bersama sambal dan lauk.
  6. Selamat menikmati nasi bakar ala ala resto sunda 😁

Buat pencinta pedas, kamu bisa menambahkan cabai rawitnya. Cara membuat nasi bakar ini juga nggak susah kok jadi cocok banget untuk disajikan kapan pun. Hidangan dengan perpaduan rasa gurih, asin, dan pedas ini mungkin terlihat simpel, tapi begitu kamu mencobanya pasti bikin ingin nambah terus. Daripada penasaran, coba disimak dulu resep nasi bakar cumi asin pedas selengkapnya di bawah ini. Jika kalian sudah bosan dengan nasi putih yang biasa, gak ada salahnya mencoba mengolahnya menjadi nasi bakar.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat nasi bakar cumi asin yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

Share on