This page looks best with JavaScript enabled

Bagaimana Menyiapkan Nasi Bakar Teri Anti Gagal

 ·  ☕ 2 menit waktu baca  ·  ✍️ Marc Griffith

Nasi Bakar Teri
Nasi Bakar Teri

Anda sedang mencari inspirasi resep nasi bakar teri yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal nasi bakar teri yang enak harusnya sih punya aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari nasi bakar teri, pertama dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau ingin menyiapkan nasi bakar teri enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi suguhan istimewa.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah nasi bakar teri yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Nasi Bakar Teri menggunakan 17 bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk menyiapkan Nasi Bakar Teri:
  1. Sediakan Bahan Nasi Gurih :
  2. Ambil Beras secukupnya (sy pakai dua kaleng takar)
  3. Gunakan 1 batang serai, geprek
  4. Ambil 2 ruas lengkuas
  5. Sediakan 2 lembar daun salam
  6. Gunakan 5 siung bawang merah
  7. Gunakan Garam
  8. Sediakan Bahan Isian/Topping :
  9. Ambil 200 gr Teri Medan, cuci agar tdk terlalu asin
  10. Sediakan 7 cabe rawit
  11. Siapkan 3 siung bawang merah
  12. Sediakan 2 siung bawang putih
  13. Sediakan Gula
  14. Gunakan Pelengkap :
  15. Sediakan 1 ikat kemangi, petik daunnya
  16. Sediakan Daun pisang, jemur sebentar, bersihkan
  17. Siapkan Sambal terasi
Cara membuat Nasi Bakar Teri:
  1. Saat memasak nasi, campurkan semua bahan nasi beserta garam secukupnya. Saya menanak nasi menggunakan dandang, cara yg sama jika menggunakan rice cooker. Tips supaya nasi makin harum, tambahkan bawang merah saat menanak di dandang. Bila gunakan rice cooker, tambahkan bawang sesaaat sebelum nasi matang.
  2. Untuk membuat isian, tumis semua bumbu kecuali teri dan gula. Sebelum layu, masukkan gula seujung sendok teh. Terakhir baru tambahkan teri. Pastikan semuanya tdk terlalu lama dimasak.
  3. Jika sudah, bungkus isian teri, nasi gurih & tambahkan daun kemangi. Daun pisang yg digunakan membungkus sebaiknya dijemur lebih dahulu agar tdk mudah sobek. - Bakar di atas wajan anti lengket selama 10 menit secara merata. Sajikan dengan sambal terasi.
  4. Saya suka bakar kering di bagian isi. Aroma hangus daun pisang di terinya bikin menu ini triple harumnya.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan nasi bakar teri yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Share on