This page looks best with JavaScript enabled

Cara Gampang Membuat Nasi Bakar Teri Tempe ala JTT yang Lezat Sekali

 ·  ☕ 3 menit waktu baca  ·  ✍️ Earl Keller

Nasi Bakar Teri Tempe ala JTT
Nasi Bakar Teri Tempe ala JTT

Anda sedang mencari inspirasi resep nasi bakar teri tempe ala jtt yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal nasi bakar teri tempe ala jtt yang enak seharusnya punya aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari nasi bakar teri tempe ala jtt, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika hendak menyiapkan nasi bakar teri tempe ala jtt yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan nasi bakar teri tempe ala jtt sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa menyiapkan Nasi Bakar Teri Tempe ala JTT menggunakan 20 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam menyiapkan Nasi Bakar Teri Tempe ala JTT:
  1. Siapkan 1000 gr nasi putih (sekitar 2 mangkuk)
  2. Sediakan 100 gr teri, gr hingga matang (bs pke teri medan)
  3. Siapkan 250 gr tempe, potong dadu & gr hingga matang
  4. Gunakan 100 gr dada ayam, rebus hingga matang, cuci lg & suwir2
  5. Gunakan 2 ikat kecil kemangi, ambil pucuk & daun mudanya
  6. Siapkan Bumbu:
  7. Sediakan 2 sdm minyak, utk menumis
  8. Gunakan 8 bh cabai rawit merah, cincang halus (sesuai selera)
  9. Ambil 4 bh cabai hijau besar, iris serong tipis
  10. Sediakan 5 btr bawang merah, cincang halus
  11. Gunakan 4 siung bawang putih, cincang halus
  12. Ambil 2 cm kencur, cincang halus
  13. Sediakan 3 cm lengkuas, iris tipis
  14. Siapkan 4 lbr daun salam, sobek kasar
  15. Ambil 1 sdm ebi, haluskan (sy rendam dg air panas lalu sangrai & haluskan)
  16. Gunakan 1/2 sdm garam
  17. Siapkan 1 sdt kaldu bubuk (optional)
  18. Ambil Bahan Lainnya:
  19. Ambil Daun pisang, Cuci dg air/dilap lalu bakar d atas kompor mpe layu
  20. Sediakan Tusuk gigi, sck
Cara menyiapkan Nasi Bakar Teri Tempe ala JTT:
  1. Siapkan wajan, panaskan minyak. Tumis bumbu yang dicincang halus hingga harum. Masukkan cabai hijau, lengkuas, daun salam dan ebi. Tumis hingga bumbu layu. Angkat.
  2. Tuangkan nasi ke mangkuk besar, masukkan bumbu tumisan, garam dan kaldu bubuk (jika pakai). Tambahkan teri, tempe goreng, dan daun kemangi, aduk hingga rata. Cicipi rasanya, sesuaikan asinnya dengan selera.
  3. Siapkan selembar daun pisang, letakkan nasi td sck. Gulung daun pisang hingga rapat. Lipat satu sisi gulungan daun, berdirikan dgn posisi lipatan dibagian bawah. Dengan menggunakan sendok, dorong nasi dari bagian yg terbuka agar nasi menjadi padat. Tambahkan porsi nasi jika kurang.
  4. Semat kedua ujung bungkusan dengan lidi. Rapikan ujung bungkusan daun pisang dengan gunting. Tata di dalam kukusan dan kukus selama 30 menit. Angkat nasi.
  5. Siapkan alat pemanggang (bisa menggunakan pan), olesi permukaannya dengan minyak. Tata bungkusan nasi diatasnya, olesi permukaan daun dengan minyak agar wangi ketika dipanggang. Panggang hingga permukaan daun kecoklatan. Angkat dan sajikan.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan nasi bakar teri tempe ala jtt yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Share on