This page looks best with JavaScript enabled

Resep Nasi Bakar Suwir Ikan Tonkol Anti Gagal

 ·  ☕ 3 menit waktu baca  ·  ✍️ Jayden Sanchez

Nasi Bakar Suwir Ikan Tonkol
Nasi Bakar Suwir Ikan Tonkol

Lagi mencari ide resep nasi bakar suwir ikan tonkol yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal nasi bakar suwir ikan tonkol yang enak selayaknya mempunyai aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Kukus nasi sampai matang sekitar setengah jam. Untuk membuat tumis ikan tongkol, bakar ikan tongkol yang telah dibaluri air jeruk nipis, garam dan merica bubuk hingga matang. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan kemudian tumis dalam wajan yang terisi minyak panas sampai wangi aroma sedap.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari nasi bakar suwir ikan tonkol, pertama dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika ingin menyiapkan nasi bakar suwir ikan tonkol enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan spesial.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah nasi bakar suwir ikan tonkol yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Nasi Bakar Suwir Ikan Tonkol menggunakan 18 bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk menyiapkan Nasi Bakar Suwir Ikan Tonkol:
  1. Siapkan 1/2 kg ikan tongkol pindang matang (me: mentah basah)
  2. Sediakan 1 ikat kemangi
  3. Siapkan Bumbu haluskan :
  4. Sediakan 5 bh cabe merah
  5. Sediakan 7 bh cabe rawit optional selera
  6. Gunakan 8 bh bawang merah
  7. Sediakan 5 bh bawang putih
  8. Gunakan Daun salam, dan lengkuas utk bumbu ikan
  9. Ambil secukupnya Garam Kaldu
  10. Gunakan 2 mangkok nasi putih
  11. Gunakan 4 sdm santan instan
  12. Sediakan 2 btg sereh iris
  13. Gunakan 2 lbr daun salam dan daun jeruk potong dua
  14. Sediakan 1 buah cabe merah besar iris tipis serong
  15. Gunakan 1 sdt garam
  16. Ambil 1/2 sdt kaldu bubuk
  17. Siapkan Daun pisang secukupnya lalu bakar supaya lemas
  18. Gunakan Tusuk gigi

Suwir-suwir daging ikan tongkol jangan terlalu halus agar makin mantap rasanya. Bungkus dengan cara melipat dan menyematkan lidi pada kedua ujung daun pisang. Siapkan daun pisang, kemudian letakkan nasi dan tongkol suwir di atasnya. Letakkan nasi bakar yang telah dibungkus di atas teflon, bakar sampai berwarna kecokelatan.

Langkah-langkah menyiapkan Nasi Bakar Suwir Ikan Tonkol:
  1. Jika pake ikan tongkol mentah silahkan cucu bersih beri air jeruk dan garam lalu kukus lalu suwir. Jika pake pindang tongkol potong langsung suwir kasar aja Mak.
  2. Haluskan bumbu halus diatas, kemudian tumis sampe harum dgn lengkuas dan daun salam terakir masukkan kemangi, Beri Gula Garam tes rasa. Matikan
  3. Aduk menjadi satu nasi hangat, garam, kaldu bubuk dan 4 sdm santan. Bisa sesuaikan berapa porsi yg Mak masak nasi nya ya. Aku bikin 4 aja soalnya
  4. Potong bagi 2 aja daun salam dan daun jeruk, lalu iris cabe besar dan sereh iris2 bulat2 gitu Mak. Sisihkan
  5. Kemudian ambil daun pisang, tata nasi seperti sushi lalu beri daun salam dan jeruk irisan sereh dan cabe besar terakhir ikan secukupnya di tengah. Gulung yg rapih Mak kasih padat sisi ujung nya. Semat dengan tusuk gigi.
  6. Sudah rapih, dibakar Mak sekeliling nya biar sedep dan wangi. Angkat makk dah Mateng tuh, asiap selamat mencoba 🥰

Wah, nasi bakar tongkol suwir pedas bisa dijadikan bekal ke kantor atau ke sekolah, nih! Resep Nasi Bakar Tongkol Suwir Kemangi. Pertama kali nih mamak bikin nasi bakar, ternyata rasanya seenak. Halo Bunda pada kesempatan kali ini saya akan membagikan resep Nasi Bakar Isi Sambal Tongkol Suwir yang bisa kalian coba di rumah. Lihat juga resep Nasi kuning bakar pampis tongkol enak lainnya.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Nasi Bakar Suwir Ikan Tonkol yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang menarik untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide bagi Anda yang berkeinginan untuk berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Share on