This page looks best with JavaScript enabled

Resep Nasi Bakar Pindang Tongkol Anti Gagal

 ·  β˜• 4 menit waktu baca  ·  ✍️ Louisa Wilkerson

Nasi Bakar Pindang Tongkol
Nasi Bakar Pindang Tongkol

Sedang mencari ide resep nasi bakar pindang tongkol yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal nasi bakar pindang tongkol yang enak seharusnya mempunyai aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Lihat juga resep Nasi Bakar Pindang Tongkol enak lainnya. Tadinya paling mau dibikin balado aja tapi kok bosen ya. Pas banget juga di frezzer ada daun pisang dan daun kemangi,.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari nasi bakar pindang tongkol, mulai dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan nasi bakar pindang tongkol yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi suguhan spesial.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat nasi bakar pindang tongkol yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Nasi Bakar Pindang Tongkol memakai 26 jenis bahan dan 8 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk menyiapkan Nasi Bakar Pindang Tongkol:
  1. Siapkan Bahan nasi :
  2. Ambil 5 1/2 cup beras
  3. Sediakan 4 lembar daun salam
  4. Siapkan 2 batang serai
  5. Siapkan 2 sdt garam
  6. Siapkan 2 sdt penyedap rasa jamur
  7. Gunakan 1/2 santan kemasan ukuran kecil
  8. Sediakan Bahan Toping :
  9. Sediakan 6 pcs ikan tongkol pindang
  10. Siapkan 4 buah cabai merah
  11. Siapkan 6 buah cabai setan
  12. Gunakan 3 buah bawang putih ukuran besar
  13. Ambil 5 buah bawang merah ukuran sedang
  14. Ambil 1 buah serai
  15. Siapkan 2 buah daun salam
  16. Gunakan 3 buah daun jeruk (hilangkan tulang daunnya)
  17. Siapkan 2 iris lengkuas
  18. Ambil 1 sdt Garam
  19. Sediakan 1 sdt Gula
  20. Sediakan 1 sdt merica bubuk
  21. Sediakan 1 sdt penyedap rasa jamur
  22. Gunakan Petai (opsional)
  23. Gunakan Seikat daun kemangi
  24. Gunakan Minyak untuk menumis
  25. Siapkan Daun pisang secukupnya
  26. Siapkan Lidi / tusuk sate potek jadi 4 bagian

Lihat juga resep Nasi Bakar Tongkol enak lainnya. Buat nasi bakar tongkol yang super lezat dengan resep ini. Semakin gurih karena menggunakan nasi liwet. Yuk, buat sendiri nasi bakar ikan tongkol untuk keluarga atau acara di rumah.

Cara menyiapkan Nasi Bakar Pindang Tongkol:
  1. Pertama kita menanak nasi terlebih dahulu ya. Cuci bersih beras, kemudian masukkan daun salam, serai, garam, penyedap rasa, dan santan. Beri air kira-kira 1 1/2 strip (ngukurnya pakai jari πŸ˜‚)
  2. Sambil menunggu nasi matang. Mari kita membuat toppingnya. Pertama haluskan cabai, dan duo bawang (kalau saya di blender aja biar cepet)
  3. Kemudian tumis bahan halus, lalu masukkan daun salam, daun jeruk,serai, dan lengkuas
  4. Setelah itu masukkan ikan tongkol pindang yang sudah di suwir kecil-kecil, lalu masukkan garam, gula, penyedap rasa, dan merica. Tumis hingga matang
  5. Setelah semua bahan matang. Ambil daun pisang (yang sudah di bersihkan dan disobek terlebih dahulu), tata nasi di atasnya sekitar 1 - 1 1/2 centong (tergantung besar kecilnya daun pisang ya), tekan-tekan disisi kanan kiri, kemudian tambahkan topping diatasnya, lalu tambah daun kemangi dan petai
  6. Setelah itu daun dilipat ke kedua sisinya, lalu dipasangi lidi / tusuk sate yang di potek jadi 4 di kedua ujungnya (biar ga brojol bunddπŸ˜‚). Ulangi sampai habis
  7. Tata di atas pan / pemanggang, bolak balik sampai matang Tanak merata ya bunda
  8. Setelah selesai siap di hidangkan. Selamat mencoba bucan. Jangan lupa recook 😘

KOMPAS.com - Pindang ikan tongkol enak digoreng begitu saja, tetapi bisa juga kamu olah jadi sambal pindang tongkol suwir. Sambal pindang tongkol suwir cocok jadi pendamping nasi rames. Makan pakai nasi putih saja juga sudah enak. Suara.com - Nasi Bakar Tongkol, Isiannya Lezat dengan Aroma Rempah Mau bikin nasi bakar spesial dengan isian, Nasi Bakar Tongkol jadi rekomendasi lezat moms. Perpaduan gurihnya nasi bakar dan segarnya isian ikan tongkol yang dicampur berbagai rempah menciptakan rasa yang sangat nikmat. "NASI BAKAR TONGKOL".

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara membuat nasi bakar pindang tongkol yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Share on