This page looks best with JavaScript enabled

Cara Gampang Menyiapkan Nasi Bakar Ayam Anti Gagal

 ·  ☕ 3 menit waktu baca  ·  ✍️ Hannah Barrett

Nasi Bakar Ayam
Nasi Bakar Ayam

Anda sedang mencari ide resep nasi bakar ayam yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal nasi bakar ayam yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Nasi bakar adalah masakan khas Indonesia yang bisa dijumpai dimana saja, terutama Pulau Jawa. Aroma harum dari nasi dibungkus daun pisang yang dibakar semakin nikmat saat dipadu ayam kemangi. Lihat juga resep Nasi bakar ayam pedas enak lainnya.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari nasi bakar ayam, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau ingin menyiapkan nasi bakar ayam yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi suguhan istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, ciptakan nasi bakar ayam sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Nasi Bakar Ayam menggunakan 13 bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk pembuatan Nasi Bakar Ayam:
  1. Siapkan 1 mangkuk nasi
  2. Sediakan 1 genggam ayam suwir
  3. Ambil 5 bawang merah (iris)
  4. Ambil 2 bawang putih (iris)
  5. Siapkan 2 cabe merah (iris)
  6. Siapkan 2 serai (geprek)
  7. Siapkan 4 cm lengkuas (geprek)
  8. Gunakan 5 lembar daun jeruk (iris tipis)
  9. Gunakan 2 lembar daun salam
  10. Sediakan secukupnya kemangi
  11. Siapkan 2 sdm minyak goreng
  12. Siapkan secukupnya garam, gula, merica bubuk, dan kaldu
  13. Sediakan secukupnya daun pisang

Nasi bakar merupakan nasi uduk yang diberi isian lalu dibungkus daun pisang dan dibakar. Rasanya yang khas dan wangi daun kemanginya membuat makanan yang satu ini begitu menggugah selera. Nasi bakar memiliki isi topping yang berbeda-beda sesuai selera yang diinginkan. Ada yang menggunakan isi ayam, ikan, atau pun cumi.

Cara membuat Nasi Bakar Ayam:
  1. Daun pisang di garang (dipanaskan di atas api) agar layu.. sisihkan
  2. Panaskan minyak, tumis bawang merah dan bawang putih hingga kekuningan kemudian masukan cabe masak hingga layu.. masukan daun jeruk, daun salam, serai dan lengkuas masak hingga layu kemudian masukan ayam tambahkan garam, gula, merica bubuk dan kaldu aduk rata..
  3. Masukan nasi aduk rata koreksi rasa terlebih dahulu kemudian masukan kemangi aduk sebentar.. sisihkan..
  4. Siapkan daun pisang dan tata nasi di atasnya kemudian gulung dan semat ujung2nya dengan lidi..lakukan hingga semua nasi terbungkus daun pisang..
  5. Panggang di atas teflon hingga daun berubah warna.. angkat dan siap di sajikan.. selamat mencoba,, 🤗

Terdapat beberapa bahan yang perlu dipersiapkan terlebih dahulu sebelum memasak. Yang pertama, bahan untuk nasi yaitu. #nasibakarayam #nasibakar #nasi #ayam #kuliner #menu #makanan #makan #resep Coba olah jadi hidangan lezat, praktikkan resep nasi bakar ayam jamur berikut. Caranya mudah, panaskan nasi sisa dan tambahkan garam atau mentega cair agar rasanya lebih gurih. Kemudian, siapkan potongan dadu ayam dan jamur merang sebagai isian nasi bakar. Nasi bakar (Indonesian for "burned or grilled rice") refer to steamed rice seasoned with spices and ingredients and wrapped in banana leaf secured with lidi semat (small needle made of central rib of coconut leaf) and later grilled upon charcoal fire.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Nasi Bakar Ayam yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang enak untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi bagi Anda yang berkeinginan untuk berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Share on