This page looks best with JavaScript enabled

Bagaimana Menyiapkan Nasi Bakar Tongkol, Bisa Manjain Lidah

 ·  ☕ 3 menit waktu baca  ·  ✍️ Troy Schmidt

Nasi Bakar Tongkol
Nasi Bakar Tongkol

Lagi mencari ide resep nasi bakar tongkol yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal nasi bakar tongkol yang enak selayaknya memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari nasi bakar tongkol, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika mau menyiapkan nasi bakar tongkol enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan istimewa.

Tadinya paling mau dibikin balado aja tapi kok bosen ya. Pas banget juga di frezzer ada daun pisang dan daun kemangi,. Cara Membuat Nasi Bakar Tongkol Sedap Nikmat -Bila anda telah bosan dengan menikmati sajian ikan tongkol sebagai lauk pauk hidangan nasi, maka sudah waktunya anda mencoba dan nikmati sajian baru seperti resep nasi bakar tongkol yang akan kami ulas dikesempatan kali ini. masakan nasi bakar ikan tongkol adalah satu sajian sedap dibuat dengan perpaduan nasi, saus areh, bumbu tumis kemudian.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis untuk membuat nasi bakar tongkol yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Nasi Bakar Tongkol menggunakan 18 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam pembuatan Nasi Bakar Tongkol:
  1. Gunakan Daun pisang (bakar sebentar agar layu)
  2. Gunakan Tusuk gigi/staples
  3. Siapkan Bahan Nasi ;
  4. Sediakan 1/2 kg beras
  5. Ambil 550 ml air santan (sesuaikan dg jenis beras)
  6. Sediakan 1 batang serai (geprek)
  7. Sediakan 3 lbr daun salam
  8. Siapkan 3 lbr daun jeruk
  9. Gunakan 1-2 cm lengkuas (geprek)
  10. Sediakan Garam, kaldu bubuk
  11. Gunakan Bahan tongkol ;
  12. Ambil 2 buah tongkol iris (cuci, suwir kasar)
  13. Ambil 4 buah bawang merah
  14. Siapkan 2 siung bawang putih
  15. Sediakan 15-20 buah cabai rawit
  16. Siapkan Gula, garam, kaldu bubuk
  17. Siapkan 5 buah Petai (iris)
  18. Ambil Daun kemangi

Buat nasi bakar tongkol yang super lezat dengan resep ini. Semakin gurih karena menggunakan nasi liwet. Yuk, buat sendiri nasi bakar ikan tongkol untuk keluarga atau acara di rumah. Bungkus dengan cara melipat dan menyematkan lidi pada kedua ujung daun pisang.

Langkah-langkah menyiapkan Nasi Bakar Tongkol:
  1. Masukkan seluruh beras yg telah dicuci, santan, dan seluruh bumbu cemplung, beri garam dan kaldu bubuk. Aduk-aduk dan masak pada magic com hingga matang.
  2. Ulek kasar bawang merah, bawang putih dan cabai. Tumis dg sedikit minyak goreng hingga harum, tambahkan petai dan tongkol, koreksi rasa dan tunggu hingga tongkol sedikit mengering. Masukkan daun kemangi sesaat sebelum api dimatikan
  3. Siapkan daun pisang, tata nasi, tongkol dan nasi. Gulung, Kemudian sematkan lidi/staples
  4. Bakar nasi diatas pan hingga daun pisang kecoklatan dan harum, balik dan sajikan hangat. Terimakasih

Tumisan, lumuri ikan tongkol dengan air jeruk nipis, garam, dan merica bubuk. Lihat juga resep Bekal suami : Nasi Bakar Ikan Tongkol enak lainnya. Bakar nasi di atas grill atau pan anti lengket sampai daun pisang kecokelatan, balik dan bakar lagi. Demikian informasi resep nasi bakar tongkol yang bisa Anda coba di rumah. Nasi, rebus santan, garam, daun salam, serai, dan daun pandan sambil diaduk sampai mendidih.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan nasi bakar tongkol yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Share on