This page looks best with JavaScript enabled

Cara Gampang Menyiapkan Bihun Goreng Kampung (Jawa), Bikin Ngiler

 ·  ☕ 3 menit waktu baca  ·  ✍️ William Cox

Bihun Goreng Kampung (Jawa)
Bihun Goreng Kampung (Jawa)

Sedang mencari inspirasi resep bihun goreng kampung (jawa) yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal bihun goreng kampung (jawa) yang enak selayaknya mempunyai aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Lihat juga resep Bihun Goreng Jawa enak lainnya. Merdeka.com - Sudah pernah menyantap bihun goreng Jawa? Ini adalah hidangan ala kampung yang sering muncul di acara kenduri atau acara tradisional lainnya.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari bihun goreng kampung (jawa), mulai dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika mau menyiapkan bihun goreng kampung (jawa) yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan istimewa.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis untuk membuat bihun goreng kampung (jawa) yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Bihun Goreng Kampung (Jawa) memakai 18 jenis bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan Bihun Goreng Kampung (Jawa):
  1. Sediakan BAHAN :
  2. Gunakan 1/2 Bungkus Bihun (Padamu)
  3. Siapkan 1 Buah wortel (Potong korek api)
  4. Sediakan 3 Sosis (potong sesuai selera)
  5. Siapkan 5 Baso Sapi (Potong Bulat tipis)
  6. Siapkan 1 Daun Bawang (Iris tipis)
  7. Siapkan Sawi (Potong sesuai selera)
  8. Ambil 2 Cabe Hijau besar (Iris Serong)
  9. Ambil 2 cabe Merah besar (Iris serong)
  10. Sediakan BUMBU HALUS:
  11. Ambil 6 siung bawang putih
  12. Ambil 8 siung bawang merah
  13. Gunakan 2 butir kemiri
  14. Sediakan PENYEDAP:
  15. Gunakan 1 1/2 sdt garam
  16. Sediakan 1 sdt kaldu bubuk
  17. Gunakan 1/2 sdt lada bubuk
  18. Ambil secukupnya Kecap

Resep ini memang populer terlihat dari banyaknya penjual dan selalu ramai pengunjungnya. Masukkan daging ayam, kecap manis, kecap asin, dan air/kaldu, aduk hingga ayam berubah warna. Mulai dari bihun goreng spesial bumbu kecap, bihun goreng putihan ala Jawa, bihun goreng Aceh, sampai bihun goreng ala Korea alias japchae. Berkali-kali membuat bihun dengan tambahan protein (kecuali suwiran ayam kampung), selalu berakhir dengan bihunnya saja yang disantap sementara bahan tambahan lainnya disisihkan.

Cara membuat Bihun Goreng Kampung (Jawa):
  1. Siapkan bahan.. Panaskan air dan Rendam bihun dengan air panas sampai tekturnya lunak/empuk. Lalu tiriskan
  2. Haluskan/blender bawang merah, bawang putih, dan kemiri.. kemudian tumis bumbu halus sampai tercium aroma wangi
  3. Kemudian masukkan sosis dan baso sapi. Aduk sampai sosis agak mengembang/matang.. lalu masukkan wortel, daun bawang, sawi dan irisan cabe.. aduk sampai bumbunya tercampur.. (apabila tumisan terlalu kering boleh ditambahkan sedikit air supaya sayurnya cepat matang/empuk)
  4. Masukkan bihun dan tambahkan kecap manis. (Kecap boleh ditambahkan pada saat bihun sudah ditiriskan tadi /sebelum bihun dimasak sehingga tidak kerepotan waktu mengaduk diatas wajan) aduk dan tumis sampai sayurannya tercampur.. tambahkan garam, lada bubuk, kaldu bubuk.. aduk sampai tercampur dan koreksi rasanya..
  5. Apabila rasanya sudah pas bihun siap disajikan. selamat mencobaa🤗

Sebuah warteg di dekat rumah menjual bihun goreng super murah, hanya lima ribu rupiah saja dan porsinya sepiring! Masukkan bawang goreng yang sudah dihaluskan dan bihun yang sudah empuk. Masukkan garam, gula dan kecap asin. Tes ras, jika sudah sedap, matikan api. Bihun goreng siap santap dengan topping sosis goreng.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara membuat bihun goreng kampung (jawa) yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

Share on