This page looks best with JavaScript enabled

Resep Nasi Bakar Kemangi Bumbu Bali yang Lezat

 ·  ☕ 3 menit waktu baca  ·  ✍️ Elva Gilbert

Nasi Bakar Kemangi Bumbu Bali
Nasi Bakar Kemangi Bumbu Bali

Sedang mencari ide resep nasi bakar kemangi bumbu bali yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal nasi bakar kemangi bumbu bali yang enak selayaknya memiliki aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari nasi bakar kemangi bumbu bali, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau mau menyiapkan nasi bakar kemangi bumbu bali yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi sajian spesial.

Nasi Bakar Kemangi Bumbu Bali Netz Bownetz. Masukan nasi, aduk rata jangan sampai ada nasi yg menggumpal. Kemudian masukan daun kemangi, masak sebentar hingga daun kemangi layu.

Nah, kali ini kita coba, yuk, ciptakan nasi bakar kemangi bumbu bali sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat menyiapkan Nasi Bakar Kemangi Bumbu Bali memakai 27 jenis bahan dan 7 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk menyiapkan Nasi Bakar Kemangi Bumbu Bali:
  1. Siapkan Bahan Nasi Gurih
  2. Ambil 2 cm lengkuas
  3. Sediakan 3 lembar daun salam
  4. Ambil 1 batang sereh
  5. Siapkan 1/2 sdm garam
  6. Ambil 3 siung b.putih iris
  7. Siapkan 3 gelas takar beras
  8. Siapkan 4-5 gelas takar santan cair
  9. Siapkan Ayam suir Bumbu bali
  10. Gunakan Dada Ayam yang sudah digoreng dan disuir2
  11. Ambil Bumbu halus
  12. Gunakan 6 siing b.putih
  13. Siapkan 5 siung b.merah
  14. Ambil 2 cm jahe
  15. Gunakan 2 ruas kunyit
  16. Sediakan 2 cm lengkuas
  17. Siapkan 2 batang sereh iris tipis
  18. Gunakan 4 buah kemiri
  19. Ambil 1 sdt biji merica
  20. Sediakan 1 sdm biji ketumbar
  21. Ambil 10 buah cabe rawit
  22. Ambil 1 pcs terasi
  23. Ambil 1/2 sdt garam
  24. Ambil Sejumput gula
  25. Sediakan 1 sdm air asam jawa
  26. Sediakan sesuai selera Kemangi
  27. Siapkan 2 sdm bawang goreng

Cara membakarnya saja cukup menggunakan wajan teflon antilengket. Bumbunya, dapat kamu tambahkan daun kemangi. Yuk, langsung coba bikin nasi bakar ala Mika Hadi dalam buku "Kumpulan Resep Sambal & Masakan Indonesia Rumahan" terbitan Gramedia Pustaka Utama. Resep Ayam Suwir Kemangi Bumbu Bali.

Langkah-langkah membuat Nasi Bakar Kemangi Bumbu Bali:
  1. Masak nasi dengan rice cooker hingga matang
  2. Haluskan bumbu ayam suir, atau bisa menggunakan chooper
  3. Tumis bumbu hingga wangi, koreksi rasa - Masukkan ayam yg sudah di suir2…masak hingga bumbu tercampur rata
  4. Aduk nasi dengan bawang goreng dan daun kemangi - Lalu Ambil 2 lembar daun pisang
  5. Masukkan 2 centong nasi ke dalam daun pisang, tambahkan ayam suir yg sudah dibumbui, lalu gulung dan semati di kedua sisi
  6. Bakar dengan menggunakan pan hingga kedua sisi daun pisang kecoklatan. Sajikan dengan sambal matah dan sayur plecing serta kacang goreng

Sengaja bikin ini unt isian nasi bakar buat maksi, tp dibuat lauk biasa jg ttp wennakk bingitt.😁 Dengan memakai Cookpad, kamu menyetujui Kebijakan Cookie dan Ketentuan Pemakaian. Nasi bakar adalah masakan khas Indonesia yang bisa dijumpai dimana saja, terutama Pulau Jawa. Aroma harum dari nasi dibungkus daun pisang yang dibakar semakin nikmat saat dipadu ayam kemangi. Harum khas kemangi yang menyegarkan dipadukan dengan ayam membuat hidangan ini begitu menggiurkan. Di dalamnya sudah terdapat bumbu-bumbu dengan aroma khas daun kemangi.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara membuat nasi bakar kemangi bumbu bali yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Share on