This page looks best with JavaScript enabled

Resep Nasi Bakar Tempe Sambal Kencur yang Enak

 ·  β˜• 3 menit waktu baca  ·  ✍️ Emilie Cobb

Nasi Bakar Tempe Sambal Kencur
Nasi Bakar Tempe Sambal Kencur

Sedang mencari ide resep nasi bakar tempe sambal kencur yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal nasi bakar tempe sambal kencur yang enak harusnya sih punya aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari nasi bakar tempe sambal kencur, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika mau menyiapkan nasi bakar tempe sambal kencur yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi suguhan istimewa.

Assalamualaikum wr.wb temanΒ² Cookpaders semua, πŸ‘‹ apa kabareu?? Alhamdulillah hari ini bisa ikutan lagi event #GoDaPaders dari @komunitaspaders @cookpad_id. Tema event kali adalah ' Aneka Nasi.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah nasi bakar tempe sambal kencur yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Nasi Bakar Tempe Sambal Kencur menggunakan 15 jenis bahan dan 6 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan Nasi Bakar Tempe Sambal Kencur:
  1. Ambil Secukupnya nasi putih (Β± 6 centong)
  2. Ambil Secukupnya daun pisang
  3. Sediakan Secukupnya lidi atau tusuk gigi
  4. Sediakan 3 buah cabai rawit utuh
  5. Ambil Bahan Tempe Sambal Kencur:
  6. Sediakan 1 papan tempe ukuran sedang, potong dadu
  7. Siapkan 1 sdt gula merah
  8. Siapkan Secukupnya garam halus
  9. Sediakan Secukupnya kaldu bubuk
  10. Gunakan Secukupnya minyak goreng
  11. Ambil Bumbu Halus:
  12. Gunakan 3 siung bawang putih
  13. Siapkan 4 buah cabai merah keriting
  14. Ambil 5 buah cabai rawit
  15. Sediakan 2 cm kencur

Urusan sambal, saya memang suka iseng. Kadang nyambal gak pakai terasi, tapi saya bubuhi teri nasi yang sudah digoreng. Atau terkadang saya memasukan tempe sekaligus dalam bahan sambal ketika digoreng. Kan mau nulis resep sambal terong bakar.

Cara membuat Nasi Bakar Tempe Sambal Kencur:
  1. Goreng tempe hingga matang. Angkat dan tiriskan.
  2. Tumis bumbu halus dengan secukupnya minyak goreng hingga harum. Bumbui dengan garam halus, kaldu bubuk dan gula merah. Tumis kembali hingga bumbu matang.
  3. Masukkan tempe. Aduk rata sambil koreksi rasanya. Jika sudah pas, matikan api.
  4. Siapkan daun pisang, beri nasi putih secukupnya, ratakan. Tambahkan isian tempe sambal kencur dan cabai rawit utuh kemudian bungkus lalu sematkan lidi. Lakukan berulang hingga semua bahan habis. (Maafkan cara bungkus nya yg ngga rapi blass karna mama' kurang ahli πŸ™ˆ).
  5. Panaskan teflon dengan api paling kecil. Tata bungkusan nasi kemudian bakar hingga daun sedikit mengering. (Jangan lupa di bolak balik agar tidak gosong).
  6. Sajikan selagi hangat.

Lihat juga resep Nasi bakar kunyit kencur ati ampela kemangi enak lainnya. Sambal tempe populer di Jawa Tengah. Sambal ini dibuat dari bawang putih dan kencur sebagai bumbu utamanya. Untuk tempenya bisa memakai tempe bakar selain pilihan tempe goreng.. SajianSedap.com - Resep Nasi Bakar Teri Kencur, menu makan siang nikmat dengan aroma yang sedap.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Nasi Bakar Tempe Sambal Kencur yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang lezat untuk keluarga/teman maupun menjadi ide bagi Anda yang berkeinginan untuk berbisnis kuliner. Selamat mencoba!

Share on