This page looks best with JavaScript enabled

Resep Nasi Bakar Tongkol Suwir Kemangi Anti Gagal

 ·  ☕ 3 menit waktu baca  ·  ✍️ George Carlson

Nasi Bakar Tongkol Suwir Kemangi
Nasi Bakar Tongkol Suwir Kemangi

Sedang mencari inspirasi resep nasi bakar tongkol suwir kemangi yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal nasi bakar tongkol suwir kemangi yang enak selayaknya mempunyai aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Resep Nasi Bakar Tongkol Suwir Kemangi. Lihat juga resep Nasi Bakar Tongkol Kemangi enak lainnya. Lihat juga resep Nasi Bakar Ayam Suwir Kemangi enak lainnya.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari nasi bakar tongkol suwir kemangi, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau mau menyiapkan nasi bakar tongkol suwir kemangi yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi sajian spesial.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah nasi bakar tongkol suwir kemangi yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Nasi Bakar Tongkol Suwir Kemangi memakai 20 bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam pembuatan Nasi Bakar Tongkol Suwir Kemangi:
  1. Gunakan 2 cup beras
  2. Gunakan 1 sachet santan instan 65ml
  3. Gunakan Secukupnya air
  4. Sediakan 2 lembar daun salam
  5. Sediakan 1 batang serai, geprek
  6. Siapkan 2 butir bawang merah, iris tipis
  7. Siapkan 1 siung bawang putih, iris tipis
  8. Ambil Secukupnya garam dan kaldu bubuk
  9. Gunakan Secukupnya daun pisang untuk membungkus
  10. Siapkan Bahan isian (tongkol suwir):
  11. Ambil 2 ekor ikan tongkol ukuran sedang
  12. Siapkan 1 ikat kemangi
  13. Siapkan 1 batang serai, geprek
  14. Sediakan 3 lembar daun jeruk
  15. Gunakan 15 buah cabe rawit
  16. Gunakan 5 buah cabe merah keriting
  17. Siapkan 5 butir bawang merah
  18. Ambil 3 siung bawang putih
  19. Gunakan Secukupnya garam, gula, kaldu bubuk
  20. Ambil Secukupnya minyak goreng

Kalau ingin menikmati nasi bakar yang nikmat, buat saja sendiri. Nasi Bakar Ayam Suwir Kemangi - Nasi bakar atau yang tekenal dengan sebutan nasbak merupakan salah satu masakan khas Indonesia yang sering dijumpai dimana saja, terutama Pulau Jawa. Aroma wangi dari nasi gurih yang dibungkus daun pisang kemudian dibakar menciptakan aroma sedap yang khas. Lihat juga resep Suwir tongkol merecon kemangi enak lainnya.

Langkah-langkah membuat Nasi Bakar Tongkol Suwir Kemangi:
  1. Tumis bawang merah dan bawang putih yang sudah diiris. Sisihkan. Cuci bersih beras. kemudian beri air secukupnya. Masukkan tumisan bawang, santan instan, garam, kaldu bubuk, daun salam dan serai. kemudian masak di rice cooker seperti biasa sampai matang.
  2. Cuci bersih ikan tongkol. Potong menjadi 2 bagian. Kemudian goreng setengah matang. Setelah matang, dinginkan lalu suwir-suwir.
  3. Haluskan bawang merah, bawang putih, cabe rawit dan cabe merah keriting.
  4. Panaskan minyak goreng, tumis bumbu halus,serai dan daun jeruk sampai harum dan matang. Masukkan ikan tongkol, aduk rata. Bumbui dengan garam, gula dan kaldu bubuk. Terakhir masukkan kemangi, aduk rata. Angkat.
  5. Ambil 1 lembar daun pisang. Taruh nasi 1 centong diatas daun, kemudian taruh 3sdm ikan diatasnya. Beri sedikit kemangi. Kemudian bungkus dan sekat ujungnya dengan lidi. Bakar diatas kompor sampai agak gosong.
  6. Siap disajikan.

Sajian ini cocok bagi anda yang ingin menyantap ikan bebas ribet, tanpa harus memisahkan antara daging dengan durinya. Kukuslah ikan tongkol segar hingga matang dan mudah untuk disuwir dagingnya. Selanjutnya ikan suwir akan ditumis dengan racikan bumbu hingga matang dan mengering. Pastikan untuk selalu mengaduk-aduk saat memasaknya supaya tidak gosong. ID - Nasi bakar adalah makanan khas Indonesia yang dapat dibuat dengan berbagai bahan isian.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan nasi bakar tongkol suwir kemangi yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Share on