This page looks best with JavaScript enabled

Resep Nasi Bakar Tongkol Kemangi Anti Gagal

 ·  ☕ 4 menit waktu baca  ·  ✍️ Earl Matthews

Nasi Bakar Tongkol Kemangi
Nasi Bakar Tongkol Kemangi

Anda sedang mencari ide resep nasi bakar tongkol kemangi yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal nasi bakar tongkol kemangi yang enak seharusnya mempunyai aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Lihat juga resep Nasi Bakar Tongkol Kemangi enak lainnya. Resep Nasi Bakar Tongkol Suwir Kemangi. Pertama kali nih mamak bikin nasi bakar, ternyata rasanya seenak.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari nasi bakar tongkol kemangi, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika ingin menyiapkan nasi bakar tongkol kemangi enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi sajian spesial.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah nasi bakar tongkol kemangi yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Nasi Bakar Tongkol Kemangi menggunakan 22 jenis bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk menyiapkan Nasi Bakar Tongkol Kemangi:
  1. Gunakan Bahan Nasi Gurih :
  2. Sediakan 2 cup beras
  3. Gunakan 65 ml santan instant
  4. Sediakan 3 lembar daun salam
  5. Siapkan 2 batang serai, memarkan
  6. Gunakan 1/2 sdt garam
  7. Sediakan 1 sdt rata kaldu bubuk jamur
  8. Gunakan Secukupnya air/sesuai takaran magicom
  9. Sediakan Bahan Isi :
  10. Gunakan 10 potong tongkol potongan
  11. Gunakan 2 lembar daun jeruk
  12. Siapkan 1 batang besar serai, memarkan
  13. Ambil 15 buah cabai rawit merah, iris serong
  14. Siapkan 50 ml air matang
  15. Ambil Secukupnya daun kemangi
  16. Gunakan Secukupnya garam, gula, merica dan kaldu bubuk jamur
  17. Ambil Bumbu Halus :
  18. Ambil 5 buah cabai merah keriting
  19. Siapkan 3 siung bawang merah
  20. Ambil 3 siung bawang putih
  21. Sediakan Bahan Lainnya :
  22. Ambil Secukupnya daun pisang dan semat lidi/tusuk gigi

Ikan tongkol yang kaya akan manfaat kesehatan kini dapat diolah menjadi makanan yang menigkatkan selera makan. Cara membuat nasi bakar teri tongkol pedas beraroma kemangi. Tak perlu pakai anglo atau arang, wajan antilengket alias teflon pun bisa dimanfaatkan untuk membakar. Cara Membuat Nasi Bakar Tongkol Sedap Nikmat -Bila anda telah bosan dengan menikmati sajian ikan tongkol sebagai lauk pauk hidangan nasi, maka sudah waktunya anda mencoba dan nikmati sajian baru seperti resep nasi bakar tongkol yang akan kami ulas dikesempatan kali ini. masakan nasi bakar ikan tongkol adalah satu sajian sedap dibuat dengan perpaduan nasi, saus areh, bumbu tumis kemudian.

Cara menyiapkan Nasi Bakar Tongkol Kemangi:
  1. Masukan beras kedalam wadah magicom. Masukan sisa bahan lainnya. Masak nasi gurih seperti biasa menggunakan magicom sampai matang. Sambil menunggu nasi matang, goreng tongkol sampai matang, angkat, tiriskan. Suwir-suwir, sisihkan.
  2. Panaskan secukupnya minyak sayur tumis bumbu halus beserta daun jeruk dan serai sampi harum dan matang. Masukan tongkol suwir, aduk rata. Beri garam, gula, merica dan kaldu bubuk jamur. Masukan 50 ml air, aduk rata lagi. Masak beberapa saat sampai air terserap. Masukan irisan cabai rawit merah, aduk rata. Koreksi rasa. Matikan kompor. Terakhir masukan daun kemangi, aduk rata. Bahan isi siap digunakan.
  3. Letakan daun pisang, tata secukupnya nasi diatasnya. Beri bahan isian. Bungkus sesuai selera. Lakukan sampai selesai. Bakar diatas panggangan/teflon bolak balik sampai kedua sisi daun berwarna kecoklatan. Angkat, Sajikan nasbak dengan pelengkapnya.

KOMPAS.com - Nasi liwet selalu nikmat disantap dengan pepes. Kamu bisa membuat berbagai kreasi pepes, salah satu yang mudah adalah pepes tongkol. Resep pepes tongkol dari Sajian Sedap ini menambahkan kemangi agar cita rasanya harum ketika dikukus dan dibakar. Berikut resepnya: Baca juga: Resep Brengkes Tempoyak Khas Jambi, Pepes Patin dan Fermentasi Durian Nasi bakar adalah masakan khas Indonesia yang bisa dijumpai dimana saja, terutama Pulau Jawa. Aroma harum dari nasi dibungkus daun pisang yang dibakar semakin nikmat saat dipadu ayam kemangi.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Nasi Bakar Tongkol Kemangi yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang menarik untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi dalam berjualan makanan. Selamat mencoba!

Share on