This page looks best with JavaScript enabled

Langkah Mudah untuk Membuat Pepes Tongkol / Pelasan Cakalang, Bikin Ngiler

 ·  ☕ 3 menit waktu baca  ·  ✍️ Birdie Houston

Pepes Tongkol / Pelasan Cakalang
Pepes Tongkol / Pelasan Cakalang

Sedang mencari inspirasi resep pepes tongkol / pelasan cakalang yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal pepes tongkol / pelasan cakalang yang enak selayaknya memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari pepes tongkol / pelasan cakalang, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika hendak menyiapkan pepes tongkol / pelasan cakalang yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Pepes Tongkol / Pelasan Cakalang Bunda Alif Arkha Jawa timur. Sebagai contoh, tongkol bisa diolah menjadi pepes, semur, gulai, dan pampis. Tongkol yang biasa dipepes adalah tongkol berukuran kecil yang tampilannya menyerupai ikan pindang.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan pepes tongkol / pelasan cakalang sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat menyiapkan Pepes Tongkol / Pelasan Cakalang memakai 15 bahan dan 9 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk menyiapkan Pepes Tongkol / Pelasan Cakalang:
  1. Sediakan 1 buah tongkol pindang uk sedang (kurleb 650 gr)
  2. Ambil 1 lembar daun pisang
  3. Gunakan 1 ikat kecil kemangi
  4. Siapkan Strapler/lidi untuk, membungkus
  5. Gunakan Secukupnya penyedap rasa
  6. Sediakan Bumbu yang dihaluskan:
  7. Ambil 4 siung bawang putih
  8. Ambil 8 siung bawang merah
  9. Sediakan 4 biji tomat uk. Kecil
  10. Sediakan 7 biji cabe rawit(opsional)
  11. Gunakan 200 gram cabe merah besar
  12. Siapkan 1 ruas jahe
  13. Sediakan 1 1/2 ruas lengkuas/laos
  14. Siapkan 1 sdt garam
  15. Ambil 2 sdt gula pasir

Pepes Cakalang Bitung, Nikmat Tiada Dusta Kuliner Sulawesi. Resep Pepes ikan tongkol berikut ini tentunya adalah yang paling enak khusus untuk Anda sekeluarga. Jadi bersyukurlah jika Anda datang kesini, sehingga bisa mencobanya sekali jadi dan langsung enak. Selain itu, ikan tongkol memiliki rasa yang gurih sehingga diolah dengan cara apapun akan menghasilkan rasa yang sedap.

Cara menyiapkan Pepes Tongkol / Pelasan Cakalang:
  1. Cuci bersih ikan potong² sesuai selera, kemudian suwiŕ² kecil ikan.
  2. Siapkan bahan² bumbu, kupas, cuci lalu sisihkan.
  3. Kemudian siapkan cobek/blender lalu haluskan.
  4. Tambahkan suwiran tongkol ke dalam bumbu, lalu campurkan penyedap rasa dan daun kemangi, test rasa.
  5. Panaskan dandang lalu kukus kurleb 1 menit daun pisang agar layu dan mudah dibentuk.
  6. Potong daun pisang sesuai keinginan, lalu masukkan tongkol kedalamnya, lipat kedua sisinya dengan lidi / strapler.
  7. Panaskan dandang, kemudian tata pepes tongkol di dalam dandang, kukus selama kurleb 15 menit.
  8. Angkat dan pepes tongkol siap disajikan. Untuk stok frozen, tunggu sampe pepes sudah gak panas lagi, lalu masukkan ke dalam chiller selama 1 jam, baru setelah dingin dipindah ke dalam freezer, jika akan dimakan untuk sarapan, malam harinya lauk sudah harus diturunkan di chiller, semoga bermanfaat tipsnya🥰
  9. Versi goreng, jika bosen dengan versi dikukus, pepes cakalang bisa digoreng/ bisa juga buat isian nasi bakar🥰🥰

Di resoran Manado, umumnya menggunakan ikan cakalang, walau sebenarnya ikan cakalang dan tongkol berbeda, namun untuk rasa dan bentuk hampir sama, jadi bisa saling menggantikan. Resep Pepes Ikan Tongkol Paling Maknyus - Masakan ikan yang paling saya sukai selain ikan bakar adalah ikan pepes tongkol, entah mengapa masakan ini sangatlah enak, dengan tekstur ikan tongkol yang lembut dan rasanya yang gurih, membuat makanan ini sedap dan enak. Dan yang membuat saya suka lagi adalah pepes ikan tongkol ini dibungkus dengan menggunakan daun pisang, yang mana akan menambah. Cuci ikan tongkol/cakalang, beri garam dan jeruk nipis. Tumis bumbu halus hingga harum, masukkan daun bawang, daun jeruk, pandan, dan serai.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Pepes Tongkol / Pelasan Cakalang yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang lezat untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi dalam berbisnis kuliner. Selamat mencoba!

Share on