This page looks best with JavaScript enabled

Cara Gampang Menyiapkan Nasi Uduk Betawi Anti Gagal

 ·  ☕ 3 menit waktu baca  ·  ✍️ Belle Francis

Nasi Uduk Betawi
Nasi Uduk Betawi

Lagi mencari ide resep nasi uduk betawi yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal nasi uduk betawi yang enak seharusnya mempunyai aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari nasi uduk betawi, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau hendak menyiapkan nasi uduk betawi enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi sajian spesial.

Nasi uduk can be served as breakfast, with a simple side dish of telur dadar gulung (rolled fried egg). It can also be served as lunch/dinner, typically with ayam ungkep (fried chicken) , fried tempeh , fried tofu, and sambal terasi (shrimp paste chili sauce) on top of the egg. Make this easy and aromatic Betawi-style nasi uduk that goes with many main and side dishes.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan nasi uduk betawi sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat menyiapkan Nasi Uduk Betawi memakai 7 jenis bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam pembuatan Nasi Uduk Betawi:
  1. Gunakan 2 1/2 cup beras
  2. Siapkan 2 gelas santan dari 65ml santan kara instan :)
  3. Ambil 2 lembar daun salam
  4. Sediakan 2 batang serai, geprek
  5. Sediakan Secukupnya daun pandan, aku skip, krn lagi gak punya,, :)
  6. Sediakan 1 cm lengkoas, potong2
  7. Gunakan 1 cm jahe, potong2

The name also describes the dish preparation itself, which involves infusing fresh herbs and spices into coconut milk giving the rice an incredible aroma and flavour. Berbeda dengan nasi putih biasa, tekstur nasi uduk tidak lengket dan rasanya pun tidak benyek. Aromanya pun punya ciri khas tersendiri dan sangat harum. Ini karena nasi uduk dimasak setengah matang (diaron) dulu dengan santan dan berbagai bumbu lain seperti daun jeruk, lengkuas, serai, dan daun salam.

Langkah-langkah menyiapkan Nasi Uduk Betawi:
  1. Cuci bersih beras, lalu rendam dg air bersih -+1 jam, biarkan. Masak santan dan dedaunannya, aduk2 jangan sampai pecah, aduk hingga mendidih, biarkan dingin
  2. Tiriskan beras yg sudah direndam, lalu tambahkan air santannya secukupnya, menyesuaikan kebiasaan masak nasi, daun yg ikut masuk ke sini daun salam, daun pandan, & serai, klik cook di rice cookernya, biarkan matang, ketika sdh matang, aduk2 biar merata, dan biarkan tanak -+15menit
  3. Sajikan dengan bihun goreng, tempe orek, dan sambel goreng,, :) semoga bermanfaat :)

Nasi uduk literally means "mixed rice" in Betawi dialect, related with Indonesian term aduk ("mix"). The name describes the dish preparation itself which requires more ingredients (coconut milk, clove, lemongrass, cinnamon, and pandan leaf) than cooking common steamed rice and additional side dishes. Nasi uduk is made by cooking rice soaked in coconut milk instead of. KOMPAS.com - Nasi uduk betawi adalah makanan klasik yang kerap jadi menu sarapan di Jakarta. Resep nasi uduk betawi mudah dipraktikkan di rumah, terlebih dapat menggunakan rice cooker.

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Nasi Uduk Betawi yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang menarik untuk keluarga/teman maupun menjadi ide dalam berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Share on