This page looks best with JavaScript enabled

Resep Nasi bakar cumi asin Anti Gagal

 ·  ☕ 3 menit waktu baca  ·  ✍️ Georgie Underwood

Nasi bakar cumi asin
Nasi bakar cumi asin

Sedang mencari inspirasi resep nasi bakar cumi asin yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal nasi bakar cumi asin yang enak selayaknya memiliki aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari nasi bakar cumi asin, pertama dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau mau menyiapkan nasi bakar cumi asin enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi sajian istimewa.

Nasi bakar menjadi salah satu kuliner yang khas karena bentuk dan proses memasaknya yang unik. Nasi yang sudah dimasak bersama santan seperti nasi uduk itu dibungkus daun pisang dengan isian aneka lauk dan tambahan daun jeruk atau kemangi, lalu dibakar. Proses pembakaran ini tentu bertujuan supaya memberikan cita rasa yang semakin menggugah selera dan juga supaya bumbu lebih meresap lagi ke.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat nasi bakar cumi asin sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat membuat Nasi bakar cumi asin memakai 23 bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam menyiapkan Nasi bakar cumi asin:
  1. Sediakan 1 gelas beras, cuci bersih
  2. Gunakan Air
  3. Ambil 1/2 sachet santan kara
  4. Sediakan 1 batang sereh
  5. Ambil 2 lbr daun salam
  6. Gunakan 1/4 sdt kaldu bubuk
  7. Sediakan 3 siung bawang merah, iris
  8. Siapkan 2 siung bawang putih, iris
  9. Sediakan 100 gr cumi asin
  10. Siapkan sesuai selera Cabe rawit
  11. Siapkan Kemangi
  12. Gunakan Daun pisang
  13. Siapkan Tusuk gigi
  14. Gunakan bumbu halus
  15. Sediakan 5 siung bawang merah
  16. Gunakan 3 siung bawang putih
  17. Ambil 8 buah cabe merah keriting
  18. Sediakan secukupnya Kaldu jamur
  19. Sediakan secukupnya Garam
  20. Sediakan Bahan cemplung
  21. Siapkan 1 iris lengkuas, di geprek
  22. Ambil 2 lembar daun salam
  23. Ambil 1 batang sereh, di geprek

Lihat juga resep Nasi bakar cumi asin sambal nanas enak lainnya. Kamu bisa membuat nasi bakar cumi asin yang gurih dan pedas. Saat dibakar, aroma harumnya semerbak dan bikin lapar. Cara membuatnya cukup simpel, bahan-bahannya pun mudah ditemukan di pasar.

Cara membuat Nasi bakar cumi asin:
  1. Tumis irisan bawang merah dan bawang putih dgn sedikit minyak, kemudian tambahkan air, beras, santan, salam sereh. (Airnya di kira-kira aja ya, td aku ga ngukur pkoknya sampe berasnya terendam) masak hingga air menyusut. Sambil di aduk sesekali.
  2. Setelah itu kukus beras (aron) tadi hingga matang. Sisihkan
  3. Rendam cumi asin dgn air panas selama kurleb 15 menit kemudian bilas 2-3x untuk menghilangkan rasa asinnya. Tumis bumbu halus dan bahan cemplung. Hingga harum dan matang kemudian masukkan cumi nya. Masak hingga bumbu meresap dan matang. Bumbu dgn garam dan kaldu jamur tes rasa. Sisihkan
  4. Siapkan daun pisang (garang dulu di atas api kompor supaya lemas) kemudian taruh nasi, cumi, kemangi dan rawit. Gulung dan sematkan dgn tusuk gigi
  5. Panaskan wajan, oles dgn tisu yg di beri sedikit minyak goreng. Kemudian garang nasi hingga daunnya gosong. Nasi bakar siap di sajikan.

Buat pencinta pedas, kamu bisa menambahkan cabai rawitnya. Cara membuat nasi bakar ini juga nggak susah kok jadi cocok banget untuk disajikan kapan pun. Hidangan dengan perpaduan rasa gurih, asin, dan pedas ini mungkin terlihat simpel, tapi begitu kamu mencobanya pasti bikin ingin nambah terus. Daripada penasaran, coba disimak dulu resep nasi bakar cumi asin pedas selengkapnya di bawah ini. Jika kalian sudah bosan dengan nasi putih yang biasa, gak ada salahnya mencoba mengolahnya menjadi nasi bakar.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan nasi bakar cumi asin yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

Share on