This page looks best with JavaScript enabled

Langkah Mudah untuk Menyiapkan Nasi Uduk Anti Gagal

 ·  ☕ 3 menit waktu baca  ·  ✍️ Inez Frazier

Nasi Uduk
Nasi Uduk

Anda sedang mencari inspirasi resep nasi uduk yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal nasi uduk yang enak selayaknya punya aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Nasi uduk can be served as breakfast, with a simple side dish of telur dadar gulung (rolled fried egg). It can also be served as lunch/dinner, typically with ayam ungkep (fried chicken), fried tempeh, fried tofu, and sambal terasi (shrimp paste chili sauce) on top of the egg. Nasi uduk is one of numerous Indonesian rice-based dishes.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari nasi uduk, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika ingin menyiapkan nasi uduk enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, kreasikan nasi uduk sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Nasi Uduk menggunakan 8 jenis bahan dan 3 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk menyiapkan Nasi Uduk:
  1. Ambil 300 gr beras putih, cuci bersih
  2. Sediakan 300 ml santan
  3. Ambil Air secukupnya (sesuaikan karakter beras yg dipakai)
  4. Ambil 2 daun pandan, ikat simpul
  5. Siapkan 1 batang serai, memarkan
  6. Sediakan 2 butir cengkeh, 2 daun salam, 3 iris lengkuas
  7. Siapkan 1 sdm bawang merah goreng
  8. Siapkan Garam

The rice is cooked in coconut milk instead of water. Nasi Uduk is more of Jakarta-style coconut rice cooked in spices and herbs. MY FAVORITE WAY OF COOKING NASI UDUK My favorite way of cooking nasi uduk is with a rice cooker or Instant Pot. It's a no brainer because I just need to put everything in there without having to attend to it.

Cara membuat Nasi Uduk:
  1. Campur semua bahan kecuali beras. Sesuaikan penggunaan air, karena nggak semua beras bisa menyerap banyak air. Aduk rata, cek rasa.
  2. Nyalakan api, begitu air santan sudah panas, masukkan beras dan lanjut masak sampai mendidih dan jadi nasi aron.
  3. Panaskan kukusan, masak nasi aron selama 20 menit. Sajikan hangat dengan lauk kesukaan. - Happy cooking ❤❤

Nasi uduk siap disajikan dengan taburan bawang goreng, bersama bahan pelengkap sesuai selera, seperti tahu, tempe goreng, dan telur dadar. Salah satunya nasi uduk yang punya rasa gurih dan tidak lengket. Dipadukan dengan lauk apa pun juga makin nikmat. Nah, kali ini IDN Times akan bagikan kamu beberapa resep nasi uduk dan cara membuatnya yang enak dan gampang. Tentunya bikin kamu ingin membuatnya sendiri di rumah.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara membuat nasi uduk yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Share on