This page looks best with JavaScript enabled

Resep Nasi bakar ayam kemangi, Enak

 ·  ☕ 3 menit waktu baca  ·  ✍️ Rose Burns

Nasi bakar ayam kemangi
Nasi bakar ayam kemangi

Anda sedang mencari inspirasi resep nasi bakar ayam kemangi yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal nasi bakar ayam kemangi yang enak selayaknya mempunyai aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari nasi bakar ayam kemangi, pertama dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan nasi bakar ayam kemangi enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi suguhan spesial.

Nasi bakar adalah masakan khas Indonesia yang bisa dijumpai dimana saja, terutama Pulau Jawa. Aroma harum dari nasi dibungkus daun pisang yang dibakar semakin nikmat saat dipadu ayam kemangi. Harum khas kemangi yang menyegarkan dipadukan dengan ayam membuat hidangan ini begitu menggiurkan.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis untuk membuat nasi bakar ayam kemangi yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Nasi bakar ayam kemangi memakai 15 bahan dan 6 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan Nasi bakar ayam kemangi:
  1. Ambil 6 centong nasi
  2. Sediakan 1 sdm kaldu bubuk ayam
  3. Siapkan 2 lembar daun pisang
  4. Ambil Ayam kemangi :
  5. Gunakan 350 gram fillet dada ayam
  6. Siapkan 3 ikat kemangi
  7. Gunakan 2 lembar daun jeruk
  8. Siapkan 1 sdt garam halus
  9. Sediakan Bumbu halus :
  10. Gunakan 5 siung bawang merah
  11. Ambil 3 siung bawang putih
  12. Siapkan 7 buah cabai merah keriting
  13. Siapkan 3 buah cabai rawit merah
  14. Sediakan 1 ruas jahe
  15. Gunakan 1 ruas kunyit

Ayam kemangi: Panaskan minyak, tumis bumbu halus, daun salam, dan serai hingga harum. Masukkan daging ayam dan sisa bahan, aduk rata. Nasi bakar memiliki isi topping yang berbeda-beda sesuai selera yang diinginkan. Ada yang menggunakan isi ayam, ikan, atau pun cumi.

Langkah-langkah membuat Nasi bakar ayam kemangi:
  1. Siapkan bahan isiannya.
  2. Panaskan minyak lalu tumis bumbu halus hingga harum dan masukkan daun jeruk dan garam halus. Setelah bumbu matang masukkan ayam, aduk rata. Tambahkan kemangi, aduk sampai layu. Angkat.
  3. Aduk rata nasi dan kaldu bubuk ayam.
  4. Ambil selembar daun pisang, beri 1 centong nasi, beri isian ayam menutupi nasi lalu kasih daun kemangi lagi.
  5. Lipat rapi lalu semat ujung ujungnya. Bakar hingga daunnya kecoklatan.
  6. Sajikan hangat.

Terdapat beberapa bahan yang perlu dipersiapkan terlebih dahulu sebelum memasak. Yang pertama, bahan untuk nasi yaitu. Resep nasi bakar ayam bertabur kemangi yang menggugah selera makan. Novia Nur Fitriana Sari - Kulinear. Foto: Instagram Makan nasi tidak selamanya hanya dengan gaya masakan yang itu-itu saja.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Nasi bakar ayam kemangi yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang lezat untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi bagi Anda yang berkeinginan untuk berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Share on