This page looks best with JavaScript enabled

Cara Gampang Menyiapkan Nasi uduk takir daun pisang, Lezat Sekali

 ·  ☕ 3 menit waktu baca  ·  ✍️ Olivia Sherman

Nasi uduk takir daun pisang
Nasi uduk takir daun pisang

Anda sedang mencari inspirasi resep nasi uduk takir daun pisang yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal nasi uduk takir daun pisang yang enak harusnya sih punya aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Resep Nasi uduk takir daun pisang. Hari ini emak masak nasi uduk dengan lauk yang sederhana. Mak jadi teringat waktu masih kecil tinggal di asrama.kalo ada hajatan selalu menggunakan daun pisang untuk di jadikan wadah nasi dan lauk pauknya.selain higienis khas dari.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari nasi uduk takir daun pisang, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika mau menyiapkan nasi uduk takir daun pisang yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi sajian istimewa.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis dalam mengolah nasi uduk takir daun pisang yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Nasi uduk takir daun pisang menggunakan 10 bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk menyiapkan Nasi uduk takir daun pisang:
  1. Ambil 500 gr beras cuci bersih
  2. Ambil 450 mlt santan kental
  3. Siapkan 2 lembar daun salam
  4. Siapkan 1 batang sereh geprek
  5. Sediakan 1 lembar daun pandan
  6. Ambil 2 ruas jari lengkuas iris
  7. Sediakan 2 ruas jari jahe iris
  8. Ambil 3 lembar daun jeruk purut
  9. Ambil 1 sdt garam
  10. Sediakan 1 sdt kaldu jamur

Tempat makan nasi uduk di Jakarta. MARGONDA RAYA Takir adalah tempat atau wadah yang dibuat dari daun pisang yang berbentuk persegi dan lebih difungsikan untuk menaruh sesajen pada acara adat jawa. Bungkusan yang terbuat dari daun pisang ini dinamakan takir dan banyak kita jumpai pada jajanan tradisional yang memiliki tekstur berkuah serta kenyal seperti bubur, kue. Lipatan satu ini cukup mudah dibuat.

Langkah-langkah membuat Nasi uduk takir daun pisang:
  1. Siapkan semua bahan :
  2. Siapkan panci masukan beras,bumbu bumbu dan santan aduk rata tes rasa.kemudian hidupkan kompor sambil terus diaduk biar tidak gosong.setelah kering air nya pindahkan ke dalam dandang kukusan yang sudah di panaskan terlebih dahulu.masak hingga matang.matikan kompor buka tutup dandangny.
  3. Nasi uduknya siap di tata di dalam takir daun pisang.tata diatasnya dengan lauk pauk sesuai selera.
  4. Nasi uduk takirnya sudah jadi dan siap di sajikan.bisa untuk bakulan juga y selamat mencoba.

Hanya dengan melipat dan meyelipkan daun saja, makanan dapat tertahan dengan baik. Sudi (Burpple) Lipatan daun satu ini terlihat rumit, padahal cara buatnya cukup mudah. Sudi dibuat daun pisang yang dilipat membulat lalu disematkan lidi. "Takir adalah daun pisang, dilipat sehingga berbentuk kotak, sebagai wadah jenang atau bubur," jelasnya. Makna takir, lanjutnya, adalah takwa dan zikir. "Dua hal tersebut (takwa dan zikir) adalah wadah amalan-amalam kita sebagai makhluk Tuhan," ucapnya. Septando menambahkan, takir juga melambangkan banyak hal.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Nasi uduk takir daun pisang yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang menarik untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi bagi Anda yang berkeinginan untuk berbisnis kuliner. Selamat mencoba!

Share on