This page looks best with JavaScript enabled

Resep Nasi Bakar Ayam Kemangi Anti Gagal

 ·  ☕ 3 menit waktu baca  ·  ✍️ Jonathan Curtis

Nasi Bakar Ayam Kemangi
Nasi Bakar Ayam Kemangi

Lagi mencari inspirasi resep nasi bakar ayam kemangi yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal nasi bakar ayam kemangi yang enak selayaknya mempunyai aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari nasi bakar ayam kemangi, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau hendak menyiapkan nasi bakar ayam kemangi enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan istimewa.

Nasi bakar adalah masakan khas Indonesia yang bisa dijumpai dimana saja, terutama Pulau Jawa. Aroma harum dari nasi dibungkus daun pisang yang dibakar semakin nikmat saat dipadu ayam kemangi. Harum khas kemangi yang menyegarkan dipadukan dengan ayam membuat hidangan ini begitu menggiurkan.

Nah, kali ini kita coba, yuk, ciptakan nasi bakar ayam kemangi sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Nasi Bakar Ayam Kemangi menggunakan 25 bahan dan 7 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam pembuatan Nasi Bakar Ayam Kemangi:
  1. Siapkan Bahan nasi :
  2. Sediakan 4 cup beras
  3. Sediakan 1 sachet santan kara @65ml
  4. Siapkan 1 batang sereh, geprek
  5. Siapkan 2 lembar daun salam
  6. Siapkan 1 sdt garam
  7. Sediakan Secukupnya air untuk memasak nasi
  8. Gunakan Bahan ayam :
  9. Siapkan 500 gr ayam (saya bagian dada)
  10. Gunakan 2 lembar daun salam (untuk merebus ayam)
  11. Sediakan 1 batang sereh, geprek
  12. Ambil 2 lembar daun salam (untuk ditumis)
  13. Ambil 3 lembar daun jeruk
  14. Siapkan 1 ikat daun kemangi
  15. Siapkan Secukupnya garam, gula pasir dan kaldu jamur
  16. Sediakan Daun pisang untuk membungkus nasi
  17. Ambil Bumbu halus :
  18. Ambil 8 siung bawang merah
  19. Sediakan 4 siung bawang putih
  20. Siapkan 7 biji cabe merah besar (atau sesuai selera)
  21. Ambil 1 ruas kunyit
  22. Gunakan 1 ruas jahe
  23. Ambil 1 sdm gula jawa sisir
  24. Siapkan 2 sdm air asam jawa
  25. Siapkan 1/2 sdt lada bubuk

Nasi bakar memiliki isi topping yang berbeda-beda sesuai selera yang diinginkan. Ada yang menggunakan isi ayam, ikan, atau pun cumi. Terdapat beberapa bahan yang perlu dipersiapkan terlebih dahulu sebelum memasak. Yang pertama, bahan untuk nasi yaitu.

Cara menyiapkan Nasi Bakar Ayam Kemangi:
  1. Cuci beras. Lalu campur semua bahan nasi. Masak menggunakan rice cooker.
  2. Rebus ayam lebih dulu dengan daun salam hingga ayam empuk. Lalu suwir2 ayam, sisihkan.
  3. Haluskan bumbu, saya menggunakan blender kecil.
  4. Panaskan sedikit minyak, tumis bumbu halus beserta daun salam, daun jeruk dan sereh hingga harum. Lalu masukkan ayam suwir.
  5. Aduk rata ayam dan bumbu, lalu bumbui dengan garam, gula pasir dan kaldu jamur. Beri sedikit air agar bawahnya tidak gosong. Masak hingga bumbu meresap dan air menyusut. Menjelang matang masukkan daun kemangi. Aduk sebentar. Matikan api
  6. Siapkan daun pisang yang sudah dibersihkan dan dipanggang sebentar sampe layu saja (agar tidak robek saat dilipat). Tata nasi secukupnya, gulung dan padatkan dulu. Lalu tuang ayam kemangi diatasnya. Bungkus. Kemudian panggang hingga daun menjadi kering. Lakukan hingga selesai.
  7. MasyaAllah, nikmat Tuhan manakah yang kau dustakan 😋

Resep nasi bakar ayam bertabur kemangi yang menggugah selera makan. Novia Nur Fitriana Sari - Kulinear. Foto: Instagram Makan nasi tidak selamanya hanya dengan gaya masakan yang itu-itu saja. Lihat juga resep Nasi Bakar Ayam Suwir Kemangi enak lainnya. Resep Nasi Bakar Ayam Kemangi - Nasi bakar merupakan salah satu menu makanan tradisional yang cukup sederhana, tetapi selalu menarik untuk dicicipi.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Nasi Bakar Ayam Kemangi yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang lezat untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide dalam berjualan makanan. Selamat mencoba!

Share on