This page looks best with JavaScript enabled

Resep Nasi Bakar Ayam Suwir Kemangi, Menggugah Selera

 ·  ☕ 3 menit waktu baca  ·  ✍️ Gregory Byrd

Nasi Bakar Ayam Suwir Kemangi
Nasi Bakar Ayam Suwir Kemangi

Anda sedang mencari inspirasi resep nasi bakar ayam suwir kemangi yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal nasi bakar ayam suwir kemangi yang enak selayaknya mempunyai aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Nasi Bakar Ayam Suwir Kemangi - Nasi bakar atau yang tekenal dengan sebutan nasbak merupakan salah satu masakan khas Indonesia yang sering dijumpai dimana saja, terutama Pulau Jawa. Aroma wangi dari nasi gurih yang dibungkus daun pisang kemudian dibakar menciptakan aroma sedap yang khas. Proses pembakaran di atas arang maupun teflon ini membuat nasi semakin enak, ditambah lagi dengan isian.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari nasi bakar ayam suwir kemangi, pertama dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau ingin menyiapkan nasi bakar ayam suwir kemangi enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan nasi bakar ayam suwir kemangi sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa membuat Nasi Bakar Ayam Suwir Kemangi menggunakan 19 bahan dan 7 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam pembuatan Nasi Bakar Ayam Suwir Kemangi:
  1. Siapkan 1/2 kg daging ayam bagian dada
  2. Sediakan 1/2 sdm perasan jeruk nipis
  3. Gunakan 8 siung bawang merah (iris tipis)
  4. Siapkan 5 siung bawang putih (iris tipis)
  5. Ambil 3 cm lengkuas (memarkan)
  6. Siapkan 4 buah cabe merah besar (potong-potong)
  7. Sediakan Cabe merah kecil (sesuai selera)
  8. Gunakan 1 buah tomat hijau (optional)
  9. Gunakan 1 batang sere (iris tipis)
  10. Ambil 2 sdm minyak goreng
  11. Siapkan 1 sdm kecap manis
  12. Ambil 1 ikat daun kemangi
  13. Gunakan 2 lembar daun salam
  14. Sediakan Gula pasir (secukupnya)
  15. Sediakan Garam (secukupnya)
  16. Sediakan Penyedap rasa
  17. Sediakan Air
  18. Ambil Daun pisang
  19. Sediakan Tusuk lidi

ID - Nasi bakar adalah makanan khas Indonesia yang dapat dibuat dengan berbagai bahan isian. Panggang diatas teflon hingga matang, sajikan. Nasi bakar ayam kemangi siap disajikan selagi hangat. Nasi bakar merupakan nasi uduk yang diberi isian lalu dibungkus daun pisang dan dibakar.

Cara membuat Nasi Bakar Ayam Suwir Kemangi:
  1. Bersihkan daging ayam dan lumuri dengan perasan jeruk nipis. Diamkan 5 menit lalu bilas.
  2. Didihkan air bersama 2 lembar daun salam, rebus daging ayam hingga matang. Kemudian tiriskan lalu suwir-suwir.
  3. Panaskan 2 sdm minyak goreng, masukkan irisan bawang putih. Kemudian masukkan bawang merah, lengkuas, cabe merah besar, tomat hijau dan sere. Tumis hingga harum.
  4. Masukkan ayam suwir dan kecap manis. Aduk-aduk hingga bumbu tercampur rata kemudian tambahkan gula, garam dan penyedap rasa. Cek rasa kemudian matikan api.
  5. Bungkus nasi, suwiran ayam, daun kemangi dan cabe merah kecil dengan daun pisang yang telah dibersihkan dan di jemur.
  6. Panggang di atas panggangan hingga daun pisang berubah warna dan harum.
  7. Nasi bakar ayam suwir siap dinikmati.

Rasanya yang khas dan wangi daun kemanginya membuat makanan yang satu ini begitu menggugah selera. Nikmat bgt buka puasa sama nasi bakar ini.ditemani dengan minumnya jus sirsak.makin juossss. Alhamdulillah.ini resep ak recook punya mba ninik fn.trims resepnya ya.cusstt yg mau tau cara bikinnya 👇 Nasi bakar adalah masakan khas Indonesia yang bisa dijumpai dimana saja, terutama Pulau Jawa. Aroma harum dari nasi dibungkus daun pisang yang dibakar semakin nikmat saat dipadu ayam kemangi. Lihat juga resep Nasi Bakar Ayam Suwir Kemangi enak lainnya.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan nasi bakar ayam suwir kemangi yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

Share on