This page looks best with JavaScript enabled

Cara Gampang Membuat Nasi Bakar isi suwir Tongkol (tanpa daun pisang) yang Bisa Manjain Lidah

 ·  ☕ 3 menit waktu baca  ·  ✍️ Donald Goodman

Nasi Bakar isi suwir Tongkol (tanpa daun pisang)
Nasi Bakar isi suwir Tongkol (tanpa daun pisang)

Sedang mencari ide resep nasi bakar isi suwir tongkol (tanpa daun pisang) yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal nasi bakar isi suwir tongkol (tanpa daun pisang) yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Nasi bakar memang hanya menggunakan nasi pada umumnya. Keunikannya terletak pada daun pisang yang membungkus nasi, membuat aromanya lebih menggugah selera. Apalagi, ditambahkan tongkol suwir di dalamnya, dijamin makin nagih.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari nasi bakar isi suwir tongkol (tanpa daun pisang), mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau mau menyiapkan nasi bakar isi suwir tongkol (tanpa daun pisang) enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat nasi bakar isi suwir tongkol (tanpa daun pisang) sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat menyiapkan Nasi Bakar isi suwir Tongkol (tanpa daun pisang) memakai 19 bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk menyiapkan Nasi Bakar isi suwir Tongkol (tanpa daun pisang):
  1. Siapkan 1 ekor ikan tongkol (sekitar 500 gr)
  2. Ambil Nasi gurih daun jeruk (lihat resep)
  3. Gunakan 1 ikat daun kemangi
  4. Siapkan 150 ml air
  5. Gunakan Bumbu halus :
  6. Siapkan 6 siung bawang putih
  7. Siapkan 3 siung bawang merah
  8. Gunakan 5 buah cabe merah
  9. Siapkan 2 buah cabe rawit (tambah, klo suka pedes)
  10. Siapkan 1 sdt ketumbar
  11. Sediakan 1/4 sdt lada bubuk
  12. Siapkan 1 sdt gula
  13. Ambil 1/2 sdt garam
  14. Gunakan 1/2 sdt kaldu jamur
  15. Sediakan Bumbu lain :
  16. Gunakan 2 btg serai, geprek
  17. Gunakan 2 lembar daun salam
  18. Ambil 3 lembar daun jeruk
  19. Ambil 1 buah cabe merah besar, iris

Demikian informasi resep nasi bakar tongkol yang bisa Anda coba di rumah. Lihat juga resep Nasi Bakar isi suwir Tongkol (tanpa daun pisang) enak lainnya. Yuk Bunda, kali ini kita coba memasak sajian untuk menemani acara akhir pekan Bunda dan keluarga, Nasi Bakar Isi Tongkol Suwir. Nasi bakar memiliki aroma dan rasa yang khas, karena dibalut daun pisang yang menguarkan bau harum saat bersentuhan dengan api.

Cara menyiapkan Nasi Bakar isi suwir Tongkol (tanpa daun pisang):
  1. Siapkan nasi gurihnya. Cuci bersih ikan tongkol lalu kukus sampai matang. Suwir ikan. Resep nasi gurih bisa diliat disini ➡️ - (lihat resep)
  2. Tumis bumbu halus dan bumbu lain, kecuali irisan cabe besar. Tumis bumbu sampai wangi dan bumbu agak matang. Tambahkan air, aduk rata.
  3. Madukkan suwiran ikan tongkol, aduk rata. Tambahkan irisan cabe merah besar, aduk rata. Masak sampai kuah benar2 menyusut. Matikan api.
  4. Masukkan daun kemangi, aduk-aduk sampai daun kemangi layu. Koreksi rasa.
    Nasi Bakar isi suwir Tongkol (tanpa daun pisang)1. Siapkan alufoil, taruh nasi keatas alufoil, pipihkan beri isian tongkol suwir, lalu gulung. Panggang dioven dgn suhu 180'C selama 30 menit.
  5. Sajikan selagi hangat.

Biasanya disertakan juga daun kemangi, sehingga aromanya semakin menggoda selera. Aduk rata dan tambahkan ikan tongkol suwir. ambahkan juga garam dan gula pasir serta kucuri air secukupnya. Aduk rata sampai meresap dan juga matang. Masukkan daun bawang dan juga daun kemangi sambil diadu rata. Lihat juga resep Nasi Bakar Ampela Mercon enak lainnya.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara membuat nasi bakar isi suwir tongkol (tanpa daun pisang) yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

Share on