This page looks best with JavaScript enabled

Resep Nasi bakar cumi asin, Lezat Sekali

 ·  ☕ 3 menit waktu baca  ·  ✍️ Pauline Freeman

Nasi bakar cumi asin
Nasi bakar cumi asin

Lagi mencari inspirasi resep nasi bakar cumi asin yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal nasi bakar cumi asin yang enak seharusnya mempunyai aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari nasi bakar cumi asin, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau mau menyiapkan nasi bakar cumi asin yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi suguhan istimewa.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah nasi bakar cumi asin yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Nasi bakar cumi asin menggunakan 23 bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk menyiapkan Nasi bakar cumi asin:
  1. Ambil 1 gelas beras, cuci bersih
  2. Sediakan Air
  3. Ambil 1/2 sachet santan kara
  4. Sediakan 1 batang sereh
  5. Sediakan 2 lbr daun salam
  6. Sediakan 1/4 sdt kaldu bubuk
  7. Siapkan 3 siung bawang merah, iris
  8. Sediakan 2 siung bawang putih, iris
  9. Sediakan 100 gr cumi asin
  10. Sediakan sesuai selera Cabe rawit
  11. Gunakan Kemangi
  12. Ambil Daun pisang
  13. Sediakan Tusuk gigi
  14. Ambil bumbu halus
  15. Siapkan 5 siung bawang merah
  16. Siapkan 3 siung bawang putih
  17. Sediakan 8 buah cabe merah keriting
  18. Siapkan secukupnya Kaldu jamur
  19. Ambil secukupnya Garam
  20. Siapkan Bahan cemplung
  21. Siapkan 1 iris lengkuas, di geprek
  22. Ambil 2 lembar daun salam
  23. Ambil 1 batang sereh, di geprek
Langkah-langkah membuat Nasi bakar cumi asin:
  1. Tumis irisan bawang merah dan bawang putih dgn sedikit minyak, kemudian tambahkan air, beras, santan, salam sereh. (Airnya di kira-kira aja ya, td aku ga ngukur pkoknya sampe berasnya terendam) masak hingga air menyusut. Sambil di aduk sesekali.
  2. Setelah itu kukus beras (aron) tadi hingga matang. Sisihkan
  3. Rendam cumi asin dgn air panas selama kurleb 15 menit kemudian bilas 2-3x untuk menghilangkan rasa asinnya. Tumis bumbu halus dan bahan cemplung. Hingga harum dan matang kemudian masukkan cumi nya. Masak hingga bumbu meresap dan matang. Bumbu dgn garam dan kaldu jamur tes rasa. Sisihkan
  4. Siapkan daun pisang (garang dulu di atas api kompor supaya lemas) kemudian taruh nasi, cumi, kemangi dan rawit. Gulung dan sematkan dgn tusuk gigi
  5. Panaskan wajan, oles dgn tisu yg di beri sedikit minyak goreng. Kemudian garang nasi hingga daunnya gosong. Nasi bakar siap di sajikan.

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Nasi bakar cumi asin yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang lezat untuk keluarga/teman maupun menjadi ide bagi Anda yang berkeinginan untuk berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Share on