This page looks best with JavaScript enabled

Resep Donat Empuk & Lembut yang Enak Banget

 ·  ☕ 2 menit waktu baca  ·  ✍️ Myrtle Glover

Donat Empuk & Lembut
Donat Empuk & Lembut

Sedang mencari inspirasi resep donat empuk & lembut yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal donat empuk & lembut yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari donat empuk & lembut, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika hendak menyiapkan donat empuk & lembut yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi suguhan istimewa.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah donat empuk & lembut yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Donat Empuk & Lembut memakai 7 jenis bahan dan 8 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam pembuatan Donat Empuk & Lembut:
  1. Siapkan 250 gram tepung terigu
  2. Gunakan 30 gram Gula pasir
  3. Ambil 1 btr kuning telur
  4. Gunakan 120 ml air dingin/air es
  5. Ambil 1 sdt fermifan
  6. Siapkan 30 gram margarin
  7. Siapkan 1/4 sdt garam
Langkah-langkah membuat Donat Empuk & Lembut:
  1. Siapkan semua bahan. Pertama campur tepung terigu, gula, kuning telur dan air, aduk hingga rata. Diamkan adonan selama minimal 2 jam, boleh lebih. Saya 8 jam.
  2. Campur fermifan dgn 1 sdm air, aduk hingga menjadi pasta. Lalu masukkan kedalam adonan tepung yg sudah didiamkan, aduk hingga tercampur rata.
  3. Masukkan margarin dan garam, lalu uleni hingga benar" tercampur rata dan kalis elastis.
  4. Diamkan selama 30 menit atau sampai adonan mengembang 2X lipat.
  5. Kempiskan adonan lalu bagi menjadi bulatan" kecil. Saya ditimbang 22gram. Lalu bulatkan/rounding hingga permukaan'y mulus, tata diatas baking paper/kertas roti yg sudah ditabur sedikit tepung terigu. Tutup dengan kain serbet bersih lalu diamkan selama 15 menit.
  6. Lubangi donat dengan jari telunjuk yang telah dilumuri terigu supaya tidak lengket. Diamkan selama 30 menit/ hingga mengembang 2X lipat.
  7. Goreng dengan api kecil, sekali balik aja. Setelah matang angkat dan dinginkan.
  8. Beri topping sesuai selera. Selamat mencoba.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan donat empuk & lembut yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Share on